Posted by: Wing Wahyu Winarno | 06/03/2011

BBM via PC

Salah satu fitur unggulan ponsel BlackBerry adalah layanan BBM (BlackBerry Messenger), yang merupakan layanan chatting eksklusif antarsesama pemakai BB. Namun para pemegang BB tentu sangat kesulitan dengan ukuran keyboard yang relatif kecil. Akan lebih nyaman bila ukuran keyboardnya diperbesar. Lalu muncullah ide RIM untuk membuat PlayBook, sebuah tablet PC yang diharapkan dapat mengikuti kesuksesan iPad. Namun ada cara lain BBMan agar nyaman, yaitu melalui PC!

Tampilan BBM via PC

BBM via PC

Sebelum Anda menginstal aplikasinya, ada persiapan yang harus Anda lakukan.
1. Anda harus sudah menginstal Desktop Software 6.0 (dulu dikenal dengan nama Desktop Manager) di PC berbasis Windows (untuk iPhone dan Android sebentar lagi).
2. Anda harus punya handset BB yang biasa Anda pakai untuk BBM-an, karena nanti akan dikoneksi dengan PC melalui USB (bisa juga melalui wifi).

Berikut ini akan saya tunjukkan langkah-langkah menginstal aplikasinya.

1. Dari PC Anda, masuklah ke soti.net lalu klik ikon Pocket Controller Pro for BlackBerry di bagian bawah tengah (pas tulisan ini dibuat).

2. Instal programnya sampai selesai (tidak perlu dibimbing kan ya?). Ukuran filenya 21 MB lebih dikit. (Kalau Anda diminta menginstal aplikasi di BB, bisa dilewati, asal Anda menjalankan langkah 3 berikut).

3. Sambil menunggu langkah 1 dan 2, Anda dapat menginstal program yang sama langsung dari BlackBerry Anda. Masuklah ke BB App World (SOTI Pocket Controller-Pro for BlackBerry juga).

Proses instal selesai. Sekarang Anda siap melakukan chatting via BBM. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Koneksikan BB Anda dengan PC memakai kabel USB. (Apakah koneksi sudah baik, dapat dijalankan program Desktop Software. Kalau di layar sudah terlihat tampilan versi BB Anda, berarti sudah beres. Kalau yang muncul gambar  BB seri lain,lepaskan kabel USB dan sambung lagi). (Bisa juga sih koneksi melalui wifi, asal Anda tahu alamat TCP/IP masing2 device Anda).

2. Jalankan program SOTI di PC, lalu klik Connect. Harusnya, tampilan layar BB Anda sudah muncul di PC (mirip dengan tampilan di artikel ini lah).

3. Bila perlu, jalankan program di BB Anda (di layar komputer, gambarnya akan mengikuti tampilan di BB). You can navigate either way lah, via PC boleh, via BB juga oke.

4. Selanjutnya, Anda sudah dapat melakukan BBM dengan teman2 Anda. Konsepnya persis seperti memakai BB (jadi hanya bisa 1 layar ya), hanya saja dengan keyboard PC Anda, jadi lebih nyaman. Autotext juga tetap dapat berjalan seperti di BB.

Nah, selamat menikmati :-)

Informasi tambahan:

1. Program SOTI ini sebenarnya program untuk mirroring, jadi Anda dapat menangkap layar BB di PC, termasuk berbagai pekerjaan lain yang memerlukan koneksi BB dengan PC (misalnya sinkronisasi data, booting device, capture screen/video, dsb).

2. Anda dapat memakai BB yang keyboardnya sudah agak rewel, layarnya sudah gak begitu jelas karena borat-baret, dsb. Saya punya 3 BB yang sudah tidak nyaman dipakai, akhirnya saya pakai dengan menyambungnya ke PC (hahaha, teman2 yang sudah nunggu2 saya mau buang BB, jadi jengkel deh…).

3. Program ini ada harganya, namun Anda mendapat masa percobaan selama 4 hari. Kalau Anda puas, layak lah untuk membelinya (USD 39.90 hiiiksss). Jangan nanya saya versi crack-nya lho ya. Soal ini Anda lebih jago dibanding saya….hehehe

About these ads

Responses

  1. gan program soti harus di jalankan juga ya di perangkat bb nya ???
    atau hanya di PC saja

    bls ya gan. thanks :)

  2. http://www.whatsapp.com/download/ nya gak bisa mas.. kosong…. :-)

  3. ni lisensinya berapa pc masbro?

  4. bego bener, lu pikir ga harus pakai pin, itu namanya ym tong.
    ga paham cara kerja bb, kalau ngomong yg sopan, jangan slahin yg nulis.

  5. gw ada yg lebih singkat dan gampang tinggal instal,aktifkan,buat pin…slesai deh
    ini link nya . http://www.whatsapp.com/download/

    • bos, itu kalo bb yg akan kita ajak massanger-an itu udah diinstal whatsapp, kalo belum diinstal gimane? masak semua pengguna bb kita suruh instal aplikasi whatsapp?

      • Boss Eko, hal yang sama juga terjadi di BBM kan? Kalau kita mau BBM-an dengan pemakai BB yang lain, dia harus sudah instal aplikasi BBM juga. Demikian juga e-mail, kita mau email teman, teman kita harus punya alamat email dan punya aplikasi untuk membuka emailnya. Sudah banyak kok yang pada instal WhatsApp.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 789 other followers

%d bloggers like this: