Buku pfs:File

Judul: Mengolah File dengan pfs:File
Penerbit: Gramedia, Jakarta (1985)

Bukupfsfile85.jpg karya saya yang pertama berjudul “Mengolah File dengan pfs:File”, yang diterbitkan oleh Gramedia, Jakarta, pada tahun 1985. Pada saat itu program komputer masih sangat sedikit. Salah satu aplikasi basis data yang relatif mudah adalah pfs:File. Program ini bekerja di bawah sistem operasi Applesoft (baru kemudian muncul versi MS DOS-nya).

Harga komputer Apple ][ saat itu masih sangat mahal. Untuk menyelesaikan buku ini saya meminjam komputer teman-teman yang saat itu sudah memiliki komputer. Tidak banyak buku yang bisa saya jadikan referensi. Jadi, hanya utak atik sana sini, dan akhirnya saya kirim ke Gramedia dan mereka menerima naskah saya tersebut untuk diterbitkan.

Ketika buku tersebut akhirnya diterbitkan dan saya dikirimi edisi contoh (10 eksemplar), benar-benar senang sekali rasanya. Yah, karena Gramedia adalah salah satu penerbit buku terbesar di Indonesia, dan saat itu saya masih menjadi mahasiswa S1 di UGM. Belum lagi perjuangan ketika mempelajari program ini dan proses menulis yang cukup susah (teknologi saat itu hanya mengandalkan disket 8 1/4 inci!). Buku ini akhirnya dicetak ulang beberapa kali dan saya melanjutkan menulis, sampai sekarang.

Leave a Reply

