Buku Filateli

Judul: Filateli-Hobi Mengoleksi Prangko dan Benda Pos Lainnya
Buku FilateliBeredar awal April 2008 (300 halaman, harga Rp59.800, ada bonus pembatas buku cantik).
Penerbit: Graha Ilmu, Yogyakarta (0274-882262, 0274 4462135)
Dilengkapi CD berisi contoh-contoh koleksi yang siap dipamerkan.

Filateli adalah hobi mengumpulkan prangko dan benda-benda pos lainnya, seperti sampul hari pertama (first day covers), warkat pos (aerogramme), lembar kenangan (souvenir sheet), kartu maximum (maximum card), bahkan sampai pada cap pos (cancellation). Hobi ini sangat mengasyikkan (karena mengoleksi berbagai benda kecil yang rancangannya sangat indah) dan bermanfaat (karena tidak sekadar mengumpulkan, tetapi juga harus mengetahui latar belakang benda yang dikumpulkan).

Namun sayang, hobi ini sering dilakukan dengan tidak benar, karena para kolektor ada yang asal melepas prangko dari amplopnya, ada juga yang mengumpulkan prangko sebanyak-banyaknya, bahkan banyak yang tidak tahu apakah harus mengumpulkan dalam negeri saja atau luar negeri saja. Ternyata banyak hal yang harus diperhatikan oleh seorang filatelis, baik yang merasa sebagai pemula, maupun sebagai “dedengkot” filateli.

Buku ini membahas berbagai benda filateli dan cara mengoleksinya (bahkan Anda akan diberi petunjuk bagaimana menyimpan koleksi Anda). Selain itu, Anda juga dibimbing untuk membangun koleksi Anda, sesuai dengan aturan dari perkumpulan filatelis di berbagai negara. Dengan aturan ini, Anda dapat membangun koleksi dengan tema tertentu, dengan usaha yang tidak begitu keras, tetapi dapat menjadi suatu koleksi yang “berkelas”. Jadi, Anda tidak hanya sekadar mengumpulkan prangko sebanyak-banyaknya!

Ringkasan bab dalam buku ini (total: 300 halamanfilateli.jpgfilateli.jpg):

  1. Mengenal hobi filateli
  2. Mengenal prangko
  3. Benda filateli selain prangko
  4. Perlengkapan seorang filatelis
  5. Memilih dan menjalankan tema
  6. Melihat dan mengikuti pameran
  7. Koleksi langka
  8. Contoh koleksi tematik
  9. Contoh tema negara
  10. Bertemu sesama filatelis

Lampiran: daftar nama negara (bahasa asli/Inggris dan Indonesia), daftar nama kota di Indonesia (jaman Belanda dan nama sekarang). Dilengkapi juga daftar pustaka dan indeks.

Contoh Halaman Buku Filateli

Untuk mengobati rasa penaran teman2 yang jauh lokasinya dari saya, berikut ini saya tunjukkan beberapa halaman buku filateli saya. Untuk daftar isi (lengkap lho) dan kata pengantar (juga lengkap), juga bisa dicomot dari halaman ini. Link-nya ada di bawah gambar-gambar halaman.

Oh ya, di buku aslinya nanti, tidak berwarna ya, karena belum ada iklannya. Di edisi berikutnya (mudah-mudahan edisi pertama ini laris), saya akan cari sponsor, biar bukunya bisa berwarna dan murah. Sebenarnya sudah ada satu dua yang bersedia, tetapi dana yang disediakan belum mempengaruhi harga buku secara signifikan, jadi saya minta menunggu edisi berikutnya nanti.

Halaman 44 Halaman 79 Halaman 116 Halaman 162

Halaman 231 Halaman 246 Halaman 265

Silakan download Contoh daftar isi dan pengantar di sini.

67 thoughts on “Buku Filateli

  1. Salam Sukses pak Wing,
    Sy baru ingin memulai koleksi filateli. Sdh ad beberapa item benda2 filateli tp blm terfokus pd tema tertentu. Sy ingin mengoleksi satu atau dua tema tertentu.
    Menurut panjenengan, apakah sy blm terlambat untuk mengoleksi? Mengingat usia sy yg 43th. Apalagi PT. Pos Indonesia skrg jarang sekali menggunakan prangko utk surat-menyurat. Apakah PT. Pos Indonesia Divisi Filateli msh menerbitkan prangko utk di masa depan?
    Oya, buku panjenengan sy cari di toko buku tdk ad. Apakah sdh terbit edisi terbaru yg full colour? Alamat penerbit di mn ya? Atau alamat panjenengan kalau msh pny bukunya?
    Sekian dan matur nuwun sanget…..

  2. mas saya maujual perangko asli\bekas,tahun dulu ,nederlands 2,4,8,10,25, cent,indie us postage ,port ,RIS,canefo dan banyak lagi hub o82148389519

  3. salam sejahtera pak, sy punya warisan dari kakek saya satu album perangko sebanyak 500 prangko dari 27 negara, sampai sekarang album itu saya simpan, sampai saat ini perangko itu masih ada, yang sy takutkan prangko itu lama2 akan hancur termakan usia, karena kakek saya seorang penggemar perangko sejak dia tugas menjadi seorang marinir waktu jaman pak karno, mohon pencerahan dari bapak kepada saya , terima kasih ini no hp saya 081323651144

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s