Buku EViews

Judul: Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan EViews
Penerbit: UPP STIM YKPN, Yogyakarta
0274-889317, upp_stimykpn@yahoo.com
(Terbit: Agustus 2007, sekitar 300 halaman)

Buku EViewsEkonometrika dan statistika adalah dua bidang ilmu yang sangat berdekatan. Keduanya merupakan analisis kuantitatif dengan data time series maupun cross section. Model analisis juga sama-sama menggunakan regresi korelasi sebagai model dasar. Kedua bidang ilmu ini sangat memerlukan program komputer untuk menyelesaikan masalah. Salah satu program komputer yang banyak dipakai adalah EViews, yang saat ini sudah beredar hingga versi 5 (www.eviews.com).

Buku ini menjelaskan berbagai alat analisis yang ada di dalam program EViews, mulai dari regresi korelasi sederhana, sampai pada teknik-teknik tingkat lanjut, seperti TSLS, Spurious regression, dan ARCH/GARCH. Juga dibahas analisis time series dan pooled regression.

Buku ini sangat membantu para mahasiswa yang melakukan analisis kuantitatif/statistika dalam menyusun tugas penulisan makalah atau karya akhir, dosen atau peneliti yang sedang menyelesaikan penelitian kuantitatif, maupun para analis. Contoh-contoh yang diberikan sangat sederhana, bahasa yang digunakan juga bahasa sehari-hari, namun sangat lengkap dalam memberikan panduan langkah-langkah yang harus dikerjakan dalam setiap analisis.

Ringkasan daftar bab:

  1. Mengenal EViews
  2. Menyunting dan menampilkan data
  3. Statistika deskriptif
  4. Analisis regresi linear
  5. Masalah dalam analisis regresi
  6. Analisis regresi dengan variabel kategorik
  7. ARIMA
  8. ARCH/GARCH
  9. Analisis data panel
  10. Kointegrasi dan regresi lancung
Advertisements

219 thoughts on “Buku EViews

  1. pak saya ingin beli buku karangan bapak untuk yang eviews 5.0 GIMANA CARANYA? DI TOKO BUKU SOALNYA UDAH GA DA?

    TERIMAKASIH SEBELUMNYA

  2. selamat malam bapak winarno saya mau tanya, apakah ada perbedaan dalam menguji uji hausman dalam eviews versi 6 dengan versi 7? kalau ada, bisakah bapak menjelaskan dimana letak perbedaannya.

  3. kalo dari beberapa literatur yang saya baca menyebutkan bahwa jika pada uji hausman nilai p-value nya dibawah 5%, maka yang dipilih adalah meoda fixed effect,,tapi di buku pak wing (2011) dihalaman 9.28 kok berbeda ya pak… (disebutkan bahw nilia P-value lebih besar dari 5% dapat disimpulkan bahwa model effect lebih baik daripada ramdom) mohon penjelasannya pak…

  4. Ass pak wing, sya mau nanya klo uji hausman test, nilai p-value nya di bawah 5% maka pakai metode fix effet atau random? Soal nya di buku eviews nya ga ada penjelasan nya. Mohon jwbn nya ya pak, terimakasih

    1. Ada kok di halaman 9.28 (buku edisi 3), kalau p-value>5% maka fixed-effect model lebih baik dibanding random-effect model.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s