SMS Info Kendaraan

Anda dapat memperoleh informasi mengenai kendaraan bermotor (mobil/sepeda motor) dari ponsel Anda. Caranya adalah dengan mengirim SMS ke nomor 7070, dengan pesan JATIM [platnomor kendaraan]. Selain JATIM juga bisa dituliskan JATENG. Misalnya Anda ingin mengetahui plat nomor W1NG (W adalah plat nomor Sidoarjo, Jatim), maka kirimkan pesan: JATIM W1NG. Kalau Jawa Tengah, ya tinggal tuliskan JATENG R1TA (R adalah Purwokerto), JATENG H1U (H adalah Semarang), JATENG AA6YM (AA adalah Kedu/Magelang). Demikian seterusnya.

Informasi yang Anda peroleh adalah: plat no, jenis kend, merek+seri, tahun pembuatan, warna, tgl jatuh tempo, besarnya pajak, sudah lunas atau belum, dan ucapan terima kasih. Itu kalau ada datanya lho, tetapi kalau tidak ada ya ditampilkan pesan: maaf…

Bagaimana dengan propinsi lain? Setahu saya, Jakarta membuka layanan SMS 1717, tetapi kayaknya yang menjawab adalah petugas, jadi pertanyaannya boleh bebas: mohon info lokasi SIM keliling, info bos plat no Bxxxx, gitu. Tau deh yang ginian ini lebih canggih atau lebih “katrok”.

Hayo, propinsi Anda sudah bisa belum? Propinsi saya sendiri, DIY, malah belum… hiiiikssss..

13 thoughts on “SMS Info Kendaraan

  1. Yang Yogya memang lagi uji coba, tapi kayaknya emang gak niat, karena sudah beberapa bulan error melulu. Sesekali sih bisa…

  2. Saya agak kecewa dg pelayanan ke 7070 ataupun 7890…
    saya sudah coba beberapa kali sms layanan info pajak kendaraan DIY tapi balasannya selalu: Connection to external script failed
    Maksudnya gimana bang win??
    Mohon penjelasan

    Trimakasih

  3. Wah, bagian belakang sering “tidak tertib” mas, karena tergantung kebijakan masing-masing satlantas. Mending telpon 108-nya Purwokerto, minta nomernya ditlantas di sana, lalu telpon. Gitu aja mas….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s