Buku SIA

Judul: Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 2
Penerbit: UPP STIM YKPN, Yogyakarta (2007)
Harga: Rp93.000. Tebal: hampir 500 halaman

sia-www-ed2.jpg

Buku SIA tulisan saya ini terdiri atas empat bagian, yaitu: (1) Pengertian Sistem Informasi Akuntansi, (2) Komponen Sistem Informasi Akuntansi, (3) Pengadaan dan Pengendalian Sistem Informasi, dan (4) Siklus Pokok Sistem Informasi Akuntansi. Selain itu ada tiga lampiran, yaitu: (1) Kode UPC, (2) Contoh Silabus, dan (3) Contoh Soal Ujian, baik tengah maupun akhir semester, dengan berbagai variasi soal. Masing-masing bagian terdiri atas empat bab, sehingga keseluruhan terdapat 16 bab.

Untuk keperluan pengajaran, sudah dirancang seimbang antara materi sebelum UTS maupun untuk UAS. Bahkan contoh silabus juga disertakan di lampiran, sehingga pengajar tidak perlu memulai dari baru untuk menyiapkan silabus.

Keunggulan buku ini adalah pada contoh-contoh dokumen yang dibahas, merupakan contoh dokumen yang benar-benar biasa dipraktikkan di dunia bisnis, jadi bukan semata-mata karangan saya. Karena tidak memungkinkan untuk dicetak berwarna, maka ratusan contoh formulir direkam dalam sebuah CD yang dilampirkan di dalam buku ini.

Oleh karenanya, buku ini sangat cocok digunakan sebagai buku referensi mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi maupun sebagai acuan dalam merancang atau memperbaiki sistem di suatu perusahaan. Buku ini relatif mudah dibaca, karena ditulis dengan kalimat yang saya susun berdasarkan pemahaman dan pengalaman saya, bukan terjemahan dari buku lain. Beberapa rekan dosen menanyakan: Pak Wing menterjemahkan buku siapa? Romney? Wilkinson? Saya jawab: buku ini bukan terjemahan.

7 thoughts on “Buku SIA

  1. Saya membeli buku bapak ini di toko buku S*B namun cd yg dilampirkan hanyalah cd blank, apakah buku tersebut bajakan? Terimakasih.

  2. Wah mantap, belinya dimana pak?

    Bapak ini seorang akuntan yang juga mempelajari dunia IT. saya sebaliknya pak, mahasiswa IT yang ingin mempelajarai akuntansi.🙂. Mohon bimbingannya, selain buku ini buku apa saja yang harus saya pelajari.

    1. Untuk membeli, langsung saja hubungi penerbitnya ya mas, ada kan nomor telponnya. Untuk mempelajari akuntansi, seperti juga hal lain, bisa juga belajar dari Internet mas🙂

      1. Pak Wing Wahyu Winarno, saya berasal dari Timor Leste yang tertarik denga buku Bapak, bagaimana cara memesannya?

Leave a Reply

