Membuka E-mail di Ponsel

Untuk dapat membuka e-mail dari ponsel Anda, Anda tidak harus memiliki ponsel yang mahal dan canggih, namun cukup ponsel yang memiliki kemampuan GPRS. Selain itu, aktifkan fasilitas GPRS di kartu GSM Anda (karena masing-masing operator memakai cara yang berbeda, silakan ikuti “upacara” di masing-masing operator ya -P ). Biasanya untuk mengaktifkan GPRS ini gratis kok.

Selanjutnya, pastikan bahwa ponsel Anda juga memiliki program browser yang mampu menjalankan “bahasa” Java atau Javascript. Ponsel-ponsel keluaran baru sudah memiliki fasilitas ini. Nah, dengan ponsel tersebut, Anda dapat membuka e-mail Anda di Yahoo. Caranya adalah dengan membuka alamah http://m.yahoo.com di browser ponsel Anda. Setelah beberapa saat, e-mail Anda (sudah barang tentu hanya header atau judulnya, yaitu pengirim dan subjek), akan ditampilkan di layar ponsel Anda. Anda dapat membalas e-mail Anda dari ponsel Anda tersebut (tapi pasti kurang nyaman deh nulis e-mail pakai keypad ponsel).

Bagaimana dengan biaya? Saat ini biaya layanan GPRS dihitung dengan banyaknya data yang Anda terima dan Anda kirim. Setiap kb-nya dikenai biaya mulai dari Rp0,5 hingga Rp12. Kontak saja customer service operator Anda. Untuk membuka beberapa e-mail (lampiran jangan dibuka lho ya kalau ada, karena memori ponsel Anda terbatas dan tagihan nanti jadi membengkak), paling Anda hanya menghabiskan puluhan kb, sehingga Anda hanya akan dikenai biaya ratusan rupiah (tapi semakin panjang dan banyak email, semakin besar lho tagihan rupiahnya).

Selamat mencoba (saya sudah mencoba di Nokia 9500 dan Nokia E61, meskipun bisa juga di Nokia 6600 dan sejenisnya). Bila sudah mencoba, boleh kirim berita kemari, jangan lupa sebutkan merek dan seri ponsel yang Anda gunakan. Terima kasih ya ;-)

13 thoughts on “Membuka E-mail di Ponsel

  1. tolong.. saya kirim foto via email dari 9500 ke N70, tapi tidak bisa dibuka, yang ada bahasa mesin … kenapa ya? tapi kalo file tsb di terima di PC foto tsb bisa dibuka, tengkyu

  2. Aplikasi gmail bisa didownload di http://www.gmail.com/app langsung dari ponsel sehingga chek email bisa lebih mudah dan NGIRIT BIAYA INTEERNET coz aplikasi ini langsung sign in, ga perlu browse ke gmail.com dulu.

    Tetapi aplikasi serupa untuk yahoo.co.id belum saya temukan.

    Tolong dong kalao yang punya jurus itu email ke uji79.indag@gmail.com

    Thanx

  3. Mas Rio, emailnya apa ya? Kalau Yahoo.com memang gak bisa, tapi yahoo.co.id bisa. Kalau bisa terhubung ke Internet, ya tinggal buka saja m.yahoo.com malah gak usah setting segala lho. Hotmail juga tidak bisa, kecuali yang membayar. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s