Koneksi 3G/HSDPA Murah Telkomsel

Informasi biaya koneksi yang ada di artikel ini sudah tidak benar lagi, karena sejak 1 November 2007 Telkomsel memberlakukan tarif normal yang besarnya dua kali lipat dari tarif promosi. Tunggu saja siapa tahu ada masa promosi lagi ya😉

Sejak Agustus 2007, Telkomsel menawarkan koneksi 3G/HSDPA dengan biaya murah, yang menurut situs www.telkomsel.com hal ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI dan berlaku hingga 30 September. Setelah bulan September habis, mereka memperpanjang masa promosi hingga 31 Oktober dengan memakai nama Promosi Lebaran.

Bayangkan saja, dengan Rp15.000, Anda dapat terkoneksi ke Internet selama 3 jam (dalam waktu 24 jam), tanpa dibatasi kuota download data. Misalnya Anda mulai koneksi pada jam 7:00 pagi selama satu jam, maka Anda masih punya sisa dua jam lagi. Sisa ini dapat Anda pakai misalnya 30 menit pada jam 12:00 siang, lalu 1 jam lagi pada jam 18:00 demikian seterusnya, sampai jam 07:00 pagi berikutnya.Untuk menikmati koneksi ini, Anda perlu melengkapi komputer Anda dengan ponsel yang juga berfungsi sebagai modem 3G (lebih baik yang sudah HSDPA). Bisa juga Anda menggunakan modem khusus versi USB atau PCMCIA (seperti Huawei E220). Sudah barang tentu Anda juga harus memiliki nomor keluaran Telkomsel (saya sudah mencoba dengan Kartu Halo maupun Kartu As, semuanya berjalan baik). Sebelumnya, jangan lupa aktifkan dulu fasilitas 3G (dengan mengirim SMS ke nomor 3636 dengan pesan cukup 2 karakter saja: 3G).Kalau Anda tidak cocok dengan tarip yang Rp15.000 untuk 3 jam, Anda bisa mencoba yang Rp50.000 untuk 24 jam koneksi, dengan masa berlaku 1 minggu (7 hari x 24 jam), atau bisa juga memilih metode “eceran”, yaitu Rp175 per menit. Bahkan ada yang lebih mahal lagi (hingga Rp400.000). Silakan cek sendiri ke situs Telkomsel.Menurut saya, inilah koneksi Internet termurah saat ini, dengan kecepatan 3G (maksimum 384 kbps) atau HSDPA (maksimum 3,6 MBps). Dengan kecepatan ini, Anda dapat mendownload film dari situs YouTube berukuran 20MB hanya dalam hitungan 1-2 menit saja (harddisk saya sudah mulai penuh nih, termasuk download file-file dari www.jsx.co.id yang berukuran 15-20an MB per perusahaan, padahal ada 300an perusahaan tiap tahunnya, dan yang saya download meliputi data 6 tahun). Hitung sendiri saja tuh berapa kapasitas harddisk yang diperlukan. Hanya saja, koneksi ini bisa dinikmati kalau daerah Anda sudah dicakup oleh layanan 3G/HSDPA Telkomsel lho, biasanya sih kota-kota besar atau ibu kota propinsi. Itupun hanya di daerah tertentu (misalnya, kalau Yogya ya hanya di dalam lingkup inner ringroad). Maaf lho, ini yang mengatur Telkomsel, bukan saya hehehehe….

10 thoughts on “Koneksi 3G/HSDPA Murah Telkomsel

  1. Menurut saya harga segitu masih cukup mahal dan sekarang harga yg berlaku adalah harga normal. Lebih mahal lagi. Mendingan ke warnet ato klo ga ya cari hotspot. ato paling enak dan nyaman adalah cari kedai makanan yg ada fasilitas free hostspot.

  2. Mas JokoAsmoro,
    Saya sendiri juga merasa mahal, makanya tetep nguber yg murah nih hehehe😉 Saya tunggu http://www.emcom.net kok gak muncul2, kabarnya awal tahun depan sudah mulai operasi dia. Mereka jual hotspot murah, kecepatan tinggi, mencakup area yg luas… nah ini dia…

    Keluar kota itu kan termasuk dari rumah ke kampus, atau ke kantor temen2 yg lain (pan sering diundang rapat hehehe), juga ke kampus Jakarta (untuk bimbingan). Juga utk ceramah dan seminar kan kadang2 perlu menunjukkan Internet?

    Saya sedang tidak aktif mengajar kok😀

  3. Wah kalah cepat dong speedy saya pak (jadi malu…ni).tapi saat ini mungkin itu memang koneksi paling cocok buat pak wing.Ga bisa bayangin kalo pak wing pake intersat/citranet… masa mau nggotong tower kesana-kemari :p Kalau untuk kelas 3G belum bisa ngikut saya, abis masih mahal sih (menurut saya lho).Lha pak wing kan masih ngajar to, opo yo ga capek pak keluar kota terus?

  4. Mas JokoAsmoro, saya pakai Indosat 3G/HSDPA, USB modem, per bulan Rp350rb kecepatan 3,6 MBPS (download MP3 3 MB cuma 20-an detik), dengan kuota 1,2 GB (kelebihan per KB-nya Rp0,5).

    Lha kalau Citranet cuma 256 kbps (1/11-nya Indosat) dan Rp500rb/bln, ya jauh lebih mahal (kecuali donlot2nya ya). Paling praktis kayaknya Speedy memang, cuma Rp200rb per bulan, kecepatan biasa saja, dan kuota 1 GB. Saya tidak pakai Speedy karena tidak bisa dibawa2 pergi, apalagi ke luar kota😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s