Pelatihan EViews

Saya akan memberi pelatihan EViews bagi teman-teman di Pascasarjana Ilmu Akuntansi UI, Salemba Jakarta, pada hari Sabtu 29 Maret 2008. Acara akan berlangsung di salah satu lab komputer dan tersedia untuk 30 orang atau kurang. Waktu pelatihan akan berlangsung dari jam 09:00 hingga jam 15:00 (eh, brarti ada makan siang bersama ya?). Teman-teman yang mau ikut, daftar dulu ke Mbak Eka di Perpustakaan.

Kemungkinan, selain mengajari EViews (yang ringan-ringan saja lho, kalau yang GARCH atau interpolasi cubic spline, aku sendiri masih pusing memakainya), pada 30 menit terakhir saya akan mengajari teman-teman semua memakai software EndNote versi X. Program ini merupakan program wajib bagi Anda yang hobi menulis karya ilmiah. Teman2 saya sudah merasakan betapa susahnya menulis paper hanya mengandalkan MS Word tuh. Mengatur dan mengedit daftar pustaka saja, sehari semalam belum tentu kelar, padahal dengan EndNote, Anda tidak memerlukan waktu khusus. Begitu Anda selesai menulis makalah, saat itu juga daftar pustaka sudah tersaji manis dan rapi di halaman paling belakang.

Ayo teman2, gabung dengan saya, jangan khawatir, saya orangnya ramah, baik hati, dan sangat toleran kepada sesama mahasiswa kok😉. Oh ya, tawaran ini, maaf, hanya berlaku untuk PIA-ers (MAKSI-ers kali masih boleh lah, pokoknya warga Kafe si Mak lah…). Untuk teman2 dari kampus lain, atur waktu dulu ya dengan saya…😛

76 thoughts on “Pelatihan EViews

  1. maaf pak Wing, saya sedang menyusun tesis dengan 5 variabel dengan uji hausman. saya ingin menanyakan bagaimana cara pengetikan (scripting) uji hausman dengan 5 variabel, karena di buku pak Wing hanya menunjukkan 3 variabel.

  2. Bos kami di Semarang, mohon info kapan diadakan lagi pelatihan Eviews, khususnya untuk saham, saya sangat interest, mohon infonya

    1. Pelatihan EViews sih biasanya diadakan di masing2 perguruan tinggi. Lho kok khusus untuk saham? Maksudnya utk memprediksi harga saham? Tapi tetap saja EViews sama dgn program statistik lainnya lho…kita gak bisa kaya dgn memperkirakan harga saham memakai program statistik…

  3. Waduh, ya ditanyakan ke dosennya saja bagaimana caranya… emang gak boleh ya tanya ke dosennya? Saya belum memakai SPSS 16, tetapi saya tahunya versi2 sebelumnya tidak bisa mengolah data panel.

  4. pak saya mau nanya bisa ngak data panel diolah dengan spss 16, karena saya disuruh dosen saya untuk menggunakan spss saja. Persamaan regresinya Y= a+b1x1+b2x2+b3x3+ b4x1.x2+b5x2.x3. Karena saya memakai uji interaksi dan memakai variabel dummy sebagai var independenya. Kalau bisa pake spss gmn caranya???
    Tolong saya, pak soalnya udh deadline nih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s