Ponsel Baru

Persaingan ponsel semakin ketat saja, ditunjukkan dengan munculnya merek-merek baru, padahal merek yang lama pun selalu berjuang untuk memunculkan produk-produk baru. Berbagai fitur dicoba ditanamkan di masing-masing handset, yang tujuannya untuk menarik minat calon penggunanya. Akhir-akhir ini, muncul ponsel dengan kemampuan menangkap siaran televisi konvensional, yang memerlukan antena untuk menangkap siaran (tidak seperti televisi kabel, televisi satelit atau DVB-H, yang berbayar tapi kualitasnya lebih sering bagus dibanding jelek).

Beberapa merek mencoba keberuntungan dengan menyediakan dua rongga kartu, ada yang bisa GSM-GSM, ada pula yang bisa GSM-CDMA, dan duanya on bersamaan. Ponsel ini disukai oleh para pemakai ponsel yang “suka sejenis”, maksudnya, kalau lawan bicara pakai operator A, dia akan menelpon pakai kartu A, supaya tarifnya murah. Kalau dulu membawa 4 ponsel untuk 4 kartu, kini cukup bawa 2 ponsel. Hemat kan?

Satu dua merek ponsel juga sudah menawarkan kemampuan GPS untuk menentukan atau mencari lokasi, sehingga pemakainya tidak mungkin tersesat. Namun hal ini memerlukan dua syarat, yaitu si pemakai bisa “melihat langit” (karena fungsi GPS sangat ditentukan oleh koneksi ke satelit di langit sana tanpa tertutup dinding atau atap rumah) dan sudah memiliki peta (nah, ini yang belum banyak tersedia).

Nokia 888

Nokia 888 gelang Nokia 888 panjang Nokia 888 gelang

Perusahaan-perusahaan ternama, masih mencoba keberuntungannya dengan merancang bentuk ponsel yang unik alias tidak biasa. Sebagaimana Anda tahu, selama ini ada tiga bentuk ponsel, yaitu candy bar (model batangan), clam shell (model lipat, baik vertikal maupun horisontal), dan sliding (model geser). Kini agaknya akan muncul jenis baru, karena ada ponsel yang bisa digulung atau dilipat-lipat. Jadi apa dong namanya? Flexible phone? Contohnya adalah Nokia 888 yang masih dalam taraf uji coba, bentuknya dapat berupa gelang, dapat juga berupa batangan, atau seperti penjepit uang. Bentuknya tipis, lentur, namun tetap saja canggih.

Ponsel gelang NEC Ponsel gelang BenQ-Siemens 

Ponsel geser ASUS Ponsel transparan Ponsel hijau Nokia

Bahkan ada juga yang sudah mulai menggagas fungsi ponsel yang lebih luas lagi, misalnya sebagai alat presentasi dengan jumlah audiens yang terbatas. Sedang ponsel berbentuk jam tangan yang berfungsi sebagai pemutar video dan televisi mungkin lebih dulu tersedia.

Ponsel presentasi Explay Ponsel jam

5 thoughts on “Ponsel Baru

  1. keyen tuh yang Jam tangan,.. tapi teuteup Blackberry my faves,… wekekek🙂
    *ratjun mode ON*

    Pak Wing,.. kapan aku ke Yogya mampir ke ruangan Bapak ya di YKPN🙂
    *mau berguru sama bapak*

    Marhen angkatan ’00

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s