Bersama GKR Pembayun

Hari Kamis, 3 April 2008, saya mengisi acara Winasis di Jogja TV bersama GKR (Gusti Kanjeng Ratu) Pembayun, mas Aulia Reza (sebagai presenter) dan Bapak Drs. Gunadi dari SMU Galur, Kulon Progo. Acara yang berlangsung dari pukul 15:00-16:00 mendapat tanggapan cukup aktif dari pemirsa melalui telpon. Di sela dialog, juga ada acara tari yang dibawakan oleh siswa SMK Seni Tari (aduh, kok saya lupa namanya ya? Ada yang bisa mengingatkan saya? Maaf ya dik…)

Bersama GKR Pembayun

Dalam acara Winasis ini, dibahas penerapan program komputer SAMAS (Sistem Administrasi dan Manajemen Sekolah) yang telah dibagikan gratis ke sekitar 400-an sekolah di wilayah DIY oleh YABM (Yayasan Anak Bangsa Mandiri). GKR Pembayun, putri sulung Sri Sultan Hamengku Buwono X, adalah Ketua YABM.

Program SAMAS merupakan program komputer yang ditujukan untuk mencatat berbagai kegiatan dan aktiva sekolah, khususnya sebagai tahap awal ini adalah SMU/sederajat. Dalam bahasa kerennya, SAMAS merupakan program TPS (transaction processing systems) dan MIS (management information systems) untuk sekolah. Program ini dapat dijalankan di komputer “lama” (cukup sekelas Pentium II) dengan Windows 98 (yang oleh Microsoft sudah diganti dengan sistem2 yang lebih baru). Selain itu, program ini siap dijalankan di komputer tunggal maupun di komputer jaringan.

Hanya sayangnya, masih banyak pengelola sekolah yang “agak takut” memulai menggunakan program ini, karena perpindahan dari manual ke komputerisasian memang tidak mudah. Tanggapan yang masuk rata-rata membahas mengenai hal ini.

9 thoughts on “Bersama GKR Pembayun

  1. mah hebat nih yogya tv, bagimana yah respon dari pemirsanya, tolong siaran dari yogya jangan suka di cut, agar bisa ditangkap dari daerah jawa barat, misalnya seputar yogya dan diy

    1. Wah, Pemerintah memang membatasi siaran tv agar gak bisa kemana2, seperti radio itu lho mas. Maksudnya biar banyak siaran radionya, gak dimonopoli oleh yang itu2 saja. Tapi ya gak tahu implementasinya bagaimana ya? Moga2 saja baik bagi semuanya. Sebentar lagi juga ada digital tv yang jauh lebih stabil dibanding tv konvensional. Kita tunggu saja ya….

  2. Mas Muttaqin, senang sekali bisa bertemu kembali di sini. Monggo saja, silahkan kalau mau kontak saya. Ning jangan yg angel2 pertanyaannya, nanti saya gak dong…hehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s