Terima Kasih Teman

Hari Rabu, 30 April 2008, hit atau kunjungan terhadap blog saya ini telah mencapai 20.000 kali. Saat ini, setiap harinya, blog saya ini dikunjungi antara 100 hingga 150-an hit. Sungguh merupakan suatu kebanggaan sendiri dapat memperoleh angka sebanyak itu dalam waktu 7 bulan sejak blog ini saya buat, yaitu pada bulan September 2007 yang lalu. Padahal ketika itu, saya sedang dalam tekanan berat karena harus menghadapi tahap akhir kuliah teori saya dalam menempuh studi S3 di UI. Waktu itu juga ada keraguan, apakah saya hanya mau mencoba saja membuat blog, atau mau terus. Namun akhirnya, saya terus saja mengelola blog saya ini.

Kalau boleh berbagi rasa, memang ada beberapa alasan kuat, mengapa saya membuat blog, terutama blog saya ini (karena saya masih mempunyai beberapa blog yang lain). Selain alasan kuat, sebenarnya saya juga menghadapi hambatan atau masalah dalam membuat blog ini.

Beberapa alasan saya membuat blog ini adalah:

  1. Saya ingin mengemukakan berbagai gagasan, yang saya yakin sangat berguna bagi kehidupan kita berbangsa dan bernegara. Ide yang sangat ingin saya perjuangkan adalah penerapan sistem informasi dan teknologi informasi untuk mencatat keuangan seseorang, sehingga setiap penduduk yang punya penghasilan di Indonesia, harus tercatat oleh sistem dan dapat dilacak kewajiban perpajakannya. Kalau sistem ini diterapkan, akan tercipta suatu sistem pajak yang adil (yang punya duit banyak akan membayar pajak lebih banyak dan sebaliknya). Orang mau korupsi silakan saja, tapi tetap harus bayar pajak (saat ini kita masih belum bisa menghukum semua koruptor, karena penjara sudah penuh). Ide-ide lain tentu saja masih banyak.
  2. Saya ingin mendokumentasi berbagai tulisan saya di berbagai koran, informasi berbagai buku saya yang sudah terbit (yang untuk kalangan terbatas tidak saya tampilkan di sini), dan menuangkan gagasan yang agaknya sulit diterbitkan di media massa.
  3. Saya ingin berbagi cerita atau pengalaman dengan sanak famili dan teman-teman saya, serta para penjelajah Internet. Itulah sebabnya saya tampilkan berbagai foto dan cerita kegiatan saya dan keluarga saya. Hal yang saya ceritakan adalah hal-hal yang biasa menarik perhatian saya, terutama di bidang teknologi informasi dan komunikasi dan dunia tulis-menulis.
  4. Saya ingin berbagi informasi tentang kunjungan saya ke situs-situs Internet dan pengalaman saya dalam menggunakan program-program komputer. Saya ingin teman2 saya juga memperoleh kemudahan seperti yang saya peroleh, sehingga mereka tidak perlu belajar dari awal, karena itu akan sangat menghabiskan waktu.
  5. Saya ingin mengajak siapa saja untuk memanfaatkan fasilitas yang luar biasa ini (gratis, kapasitas besar, relatif mudah dipelajari, dan mudah ditemukan pengunjung Internet) untuk mendapatkan berbagai kemudahan bersama, sehingga memudahkan sebagian cara hidup kita (misalnya: berbagi pengetahuan, berbagi file, saling memberi semangat, dan seterusnya).

Selain itu, saya juga menghadapi kesulitan atau hambatan dalam membuat blog, di antaranya adalah:

  1. Saya mengalami kesulitan dalam mengubah format atau tata letak blog saya ini, karena memang WordPress sudah menyediakan pilihan tema dan saya tinggal memilih salah satu. Salah satu yang tidak bisa saya dapatkan adalah: saya ingin komentar suatu artikel (posting) ditampilkan urut waktu terbaru, sehingga komentar yang paling akhir masuk ke blog saya, akan tampil paling atas, dan komentar paling awal akan berada di urutan terbawah. Saat ini, beberapa posting sudah mendapat puluhan komentar, kasihan pengunjung blog saya ini karena harus menggulung layar beberapa kali untuk dapat melihat komentar terbaru (yang ada di paling bawah).
  2. Teman-teman (dan sebagian orang) menganggap bahwa saya sok pamer atau narsis😦 (padahal benar kayaknya ya?). Tetapi menurut saya, saya ingin agar kegiatan saya, pemikiran saya, atau berita mengenai saya, bisa diketahui teman2 saya segera. Kenyataannya, beberapa buku yang saya tulis, memang benar2 sedang dicari dan dibutuhkan oleh beberapa pengunjung Internet. Kalau ada karya saya dipakai oleh teman2 atau siapa saja, rasanya ikut senang bisa mengatasi kesulitan yang mereka hadapi.
  3. Ada beberapa posting yang belum saya selesaikan, misalnya saya ingin menampilkan berbagai koleksi filateli saya, atau saya ingin menampilkan berbagai koleksi saya (buku, piringan hitam, foto, dsb). Mudah-mudahan isi tersebut dapat segera saya selesaikan.

Apakah ada keuntungan yang saya peroleh dengan adanya blog ini? Bagaimanapun tetap ada, baik langsung maupun tidak langsung. Di antaranya adalah:

  1. Beberapa kali saya diminta menjadi pembicara dalam seminar atau workshop, karena panitia melihat latar belakang dan karya saya. Saya paling sering diminta menjadi pembicara mengenai masalah TIK dan dua kali mengenai statistika, terutama program EViews.
  2. Teman2 lama atau mahasiswa saya yang sudah pada “jadi orang”, bisa menemukan saya kembali dan akhirnya menjalin kontak lagi.

Dengan adanya blog ini, saya yakin teman2 saya bertambah banyak, termasuk mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang menggunakan buku saya untuk menyelesaikan tugas akhir, skripsi, atau tesis mereka. Oleh karenanya, kepada Anda semua pengunjung blog saya ini, saya sangat berterima kasih, karena Anda sudah menemani saya setiap saat. Saya akan tetap bercerita mengenai berbagai kegiatan saya. Saya akan tetap berbagi pengalaman dengan Anda, baik meminta atau memberi. Saya akan tetap menyampaikan ide-ide saya. Dan saya berharap, Anda tetap berkenan untuk sekali-kali mampir ke blog saya ini dan bila perlu meninggalkan komentar, sehingga saya selalu merasa tidak sendiri di dunia maya ini. Sekali lagi, terima kasih.

Salam,

Wing

15 thoughts on “Terima Kasih Teman

  1. Selain ssrn, masih ada ejec.org, ada oecd.com, ada… banyak lagi lah. Coba cari pelan2, tanya teman sana sini… biar merasakan perjuangan gitu…🙂
    Tapi, silakan kalau mau diskusi dengan saya soal e-readiness. Mestinya saya belajar sama Anda lah. I don’t mind, karena saya kan tidak berkonsentrasi di situ. Saya cuma membimbing pada metode penelitian saja. Seluk beluk di dalamnya, mas Adi yg mestinya lebih ahli… okey?

  2. Pak, saya mw bimbingan e-readiness lewat blgo bapak ini. kasi linknya yng perlu saya kunjungi lagi selain ssrn.com.

    Pak, kasi meteri tentang e-readiness saya, Pak. biar lebih gampang. kan keuntungannya banyak buat bapak, bisa meningkatkan view-nya.
    (haha…. egois banget…)

    saya suka pemikiran bapak.
    Let’s Make Better Life With ICT’s

  3. Herdi, tidak perlu minta maaf lah, gak apa. Memang saya membuat blog ini juga ingin berbagi ide, berbagi kebahagiaan, berbagi kesusahan, dengan teman2 semua. Ada mahasiswa saya, ada mahasiswa dari kota lain, ada pensiunan, ada ibu-ibu, ada alumni, komplit lah pokoknya. Karena saya sudah biasa menganggap “semua orang sama”, baik tukang sapu maupun direktur utama, maka saya juga menganggap pengunjung blog saya juga sederajad, tidak ada “atas bawah”. Dan kalau kita bisa berbagi, rasanya senang kan? (Saya sudah beri komentar di blog Herdi tuh… di-accept ya…)

  4. ma’af pak sebelumnya..
    saya sering banget buka blog bapa, tapi saya belum pernah ngasih koment karena saya tidak pandai berkomentar…(maaf ya pak),..
    saya ingin bapa terus melanjutkan blog bapa ini melalui pemikiran2 yang “cemerlang”..,
    selain saya banyak belajar untuk jadi bloger seperti bapa, saya dapat menambah pengetahuan yang tidak saya dapat di ruang kuliah…
    makkasihh banyak ya pak….

Leave a Reply

