Pengalaman Berinternet dengan Smart

Kalau Anda mau download driver ponsel Smart, klik di sini.

Satu lagi tawaran menarik untuk berkoneksi ke Internet, kali ini dari operator seluler Smart. Cukup dengan membayar Rp289.000, Anda sudah mendapatkan satu unit ponsel Haier D1200P berkemampuan 3G (maksimum kecepatan 153 kbps untuk jaringan CDMA 1x), sudah disertai dengan satu baterai ekstra, dan kabel data (USB). Jangkauannya sudah mencakup Jawa Bali dan kota Medan serta dijanjikan oleh Smart akan segera ditambah ke berbagai kota di Sumatera. Di dalam paketnya sudah terisi pulsa Rp10.000 untuk masa aktif 30 hari.

Yang menarik dari tawaran Smart ini adalah koneksi Internetnya disediakan hingga 2 GB per bulan, selama 6 bulan (berarti total 12 GB). Syaratnya, nomor Anda harus aktif, jangan sampai telat mengisi ulang pulsa. Pulsa Rp20.000 pun cukup untuk masa 1 bulan. Kelebihan data akan dikenai tarif Rp 0,275 per kb (bandingkan dengan Matrix Indosat yang memasang tarip Rp0,5 per kb dan Telkomsel Rp12 per kb).

Pada waktu saya membeli ponsel Smart ini di Plaza Ambarukmo Yogyakarta, antriannya cukup banyak. Bayangkan, ketika datang di kounter Smart jam 15:00, saya dapat nomor urut 056 padahal antrian baru sampai 041. Seorang pembeli dilayani dalam waktu 15 menit. Kalau saya menunggu 15 nomor, berarti 15´15=225 menit alias sekitar 3 jam! Mengapa memerlukan waktu lama? Karena petugas kounter harus masuk ke dalam (gudang) setiap kali mengambil 1 ponsel (bisa butuh 2-3 menit!), lalu membuka dos untuk memeriksa kelengkapan ponsel (oh, pemborosan waktu, harusnya ceknya di kounter lain saja), lalu membantu melakukan registrasi, dan terakhir, menjelaskan prosedur koneksi ke Internet. Jangan lupa, pembeli harus membayar lho, dan meminta driver terbaru, meskipun di dalam dos sudah ada CD drivernya. Saya lihat beberapa pembeli tidak membawa flashdisk sehingga tidak dapat menyalin file driver.

Proses instalasi, relatif mudah. Sebelum melakukan koneksi, ponsel perlu diatur terlebih dahulu, yaitu Gateway harus dipilih Gateway 2 (untuk Jateng DIY, karena Gateway 1 untuk Jabodetabek), alamat IP adalah 10.20.27.250, port: 8080. Selanjutnya, proses instalasi dapat dijalankan. Pertama, jalankan program driver sampai selesai. Kedua, colokkan ponsel ke komputer. Ketiga, buat program (shortcut) koneksi, dengan pengaturan nomor yang dihubungi adalah #777, user id: wap, password: smart.

Setelah selesai pengaturan, saya coba untuk menghubungkan koneksi ke Internet, dan kecepatannya sekitar 1-4 kbps. Oh ya, rumah saya ada di dekat daerah alun-alun selatan, dan saya tidak tahu apakah di sekitar daerah tersebut ada menara BTS Smart atau tidak.

25 thoughts on “Pengalaman Berinternet dengan Smart

    1. Pas di AW Survey, klik menu/tulisan “Refer to friend”, akan keluar beberapa link. Silakan pilih salah satu (otomatis dgn blog) lalu dicopy. Kemudian buka blog Anda (kalau WordPress seperti yang Anda lihat ini ada di menu Widget, lalu pilihlah Text. Paste-lah tautan atau link tadi. Tutup widgetnya dan setelah di-save, akan muncul di blog, seperti punya saya di sebelah kanan ini😉

  1. Saya juga pakai smart, yach namanya juga murah, kadang-kadang ok, kadang-kadang mrebet

  2. pak wing, gimana kalau mau koneksi pake HP HSDPA kartunya IM3 dengan voucher GPRS, kata temen-temen YKPN lumayan murah and cepet. Ada voucher harga 5rb aktif 6 hari dengan sistem time based. Mohon sarannya, matur thank you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s