Tips Mengelola Password

Artikel ini sudah dimuat di harian Kedaulatan Rakyat (tanggal menyusul).

Ketika Anda menerima kiriman kartu ATM atau kartu kredit dari bank Anda, disertai sebuah pesan untuk segera mengubah password Anda lalu mengingat-ingatnya, dan kemudian membuang catatan password yang dikirimkan oleh bank. Anda juga sangat dianjurkan untuk tidak mencatat password Anda, agar tidak mudah ditemukan orang lain. Namun anjuran saya justru sebaliknya: catatlah password Anda, tetapi dengan cara yang cerdik. Password ini termasuk password e-mail, blog, internet banking, dan apapun yang memerlukan password.

Anjuran bank tersebut bisa dipatuhi, kalau Anda hanya memiliki satu atau dua kartu ATM atau kartu kredit saja dan tidak ada password lain yang diperlukan. Namun bila Anda memiliki misalnya tiga akun e-mail, dua ponsel, dua blog, satu akun di kantor atau di kampus, ditambah lagi dua kartu ATM dan dua kartu kredit, maka memori (daya ingat) Anda tidak akan cukup mengingat-ingat semua kata ajaib tersebut. Lalu bagaimana solusinya?

Susunan keypad ponsel.
Susunan keypad ponsel.

Memang masing-masing sistem memiliki persyaratan sendiri. Untuk kartu bank dan kartu telpon, password terdiri atas susunan angka, biasanya 4 atau 6 digit. Jangan gunakan plat nomor motor atau mobil Anda sebagai password, karena mudah dicoba oleh orang lain. Demikian juga dengan tanggal lahir Anda, atau nomor telpon Anda (baik rumah maupun ponsel). Anda harus menggunakan angka-angka lain yang sulit ditebak, misalnya kodepos desa asal orang tua Anda, atau 6 digit terakhir nomor rangka atau nomor mesin kendaraan Anda.

Ketika Anda menerima kiriman kartu ATM atau kartu kredit dari bank Anda, disertai sebuah pesan untuk segera mengubah password Anda lalu mengingat-ingatnya, dan kemudian membuang catatan password yang dikirimkan oleh bank. Anda juga sangat dianjurkan untuk tidak mencatat password Anda, agar tidak mudah ditemukan orang lain. Namun anjuran saya justru sebaliknya: catatlah password Anda, tetapi dengan cara yang cerdik. Password ini termasuk password e-mail, blog, internet banking, dan apapun yang memerlukan password.

Atau paling gampang, sebenarnya meskipun berupa angka, Anda dapat menggunakannya untuk menuliskan suatu kata. Perhatikan susunan tombol angka ponsel Anda yang biasa saja (jangan yang tipe PDA atau communicator). Di sana tombol angka 2, juga dipakai untuk menulis huruf ABC, angka 3 untuk DEF, dan seterusnya. Nah, cobalah menuliskan kata MELATI, Anda akan melihat angka 635284 di layar. Sejak sekarang pakailah nama bunga (misalnya) sebagai password untuk kartu-kartu Anda. Kalau yang 6 digit, selain MELATI, bisa juga dengan SAKURA (725872), RAFLES (723537), atau SEROJA (737652). Kalau 4 digit bisa Anda gunakan bunga KANA (5262), LILI (5454), atau apa lah.

Sekarang catatlah password tersebut di kartu ATM atau kartu kredit Anda, tetapi cukup huruf pertama saja, misalnya K (Anda sudah tahu kalau itu bunga KANA), atau M (untuk Melati). Orang yang menemukan kartu Anda akan bingung, huruf ini password atau bukan. Kalau toh password, mengapa hanya 1 digit, itupun huruf, bukan angka, padahal di ATM, yang dikenal hanya angka (banyak ATM yang tombol-tombolnya merupakan gabungan huruf dan angka).

Demikian juga untuk password e-mail dan blog Anda, gunakan password dengan cara sistematis, tetapi bukan dengan nama bunga. Misalnya saja, dengan nama kota kecil di sekitar Anda. Untuk sekitar Yogya, misalnya ada KLATEN (552836), SLEMAN (753626), BANTUL (226885), untuk password 6 digit. Bisa juga dengan nama perabot rumah tangga, nama-nama jalan, nama buah-buahan, dan sebagainya.

Beberapa provider e-mail dan blog serta Internet banking mengharuskan Anda menggunakan huruf dan angka. Tidak masalah, misalnya saja Anda memakai kelompok warna, gunakan rumus (warna dasar) ditambah (muda atau tua). Warna dasar misalnya JINGGA, ABU-ABU, dan COKLAT, diikuti kode angka tetapi berasal dari kata MUDA (6832) atau TUA (882). Jadi password Anda akan berbunyi COKLAT6832 atau JINGGA882. Lalu cara mencatat di kartu Anda, di ponsel Anda, atau di kertas jimat kecil di dompet Anda adalah email@domain.anda (j*882), Anda tahu bahwa itu adalah jingga882, kalau ingin lebih singkat lagi, cukup dengan menuliskan j*8*. Orang lain akan sulit menebak berapa digit password Anda.

Nah, sekarang carilah rumus-rumus seperti di atas, misalnya Anda memakai merek atau seri kendaraan (ada yang 4 hingga 8 digit), ada nama negara, merek ponsel, jenis logam, bahkan bisa juga Anda menggunakan bagian-bagian tubuh sebagai password Anda. Tapi ingat, catatlah dengan cara yang cerdik, karena kalau Anda lupa password Anda, orang lain tidak ada yang membantu. Saya sendiri tidak mungkin mengingat sekitar 40 password yang saya miliki, tetapi saya mencatatnya dengan hati-hati.

6 thoughts on “Tips Mengelola Password

  1. Your blog is very complete info and relevant .. happy to visit in your blog
    I wait for a visit back to my blog

    Thanks info. success always

  2. tipsnya istimintlip…bbrp hari jg kepikiran masalah password…tips ini melengkapi dan sangat membantu…
    thanks ya pak guru…

    1. Sukurlah. Soalnya saya dulu sering kelupaan password, jadi harus sering saya catat. Namun agar tidak mudah diketahui orang, maka mencatatnya pun dengan teknik tertentu. Yah, silakan disesuaikan dengan kebutuhan ya… Tulisan di atas kan hanya contoh….

  3. Boz mau tny kalo ikutan bisnis di internet khususnya yg dibyr dg doolar apa hrs pnya komputer sndri? sy ingin bgt ikutan kaya aw survey tp gak pny komputer sndiri. thanks

    1. Mas Sugeng, silakan mencatat, tetapi jangan terlalu vulgar ya. Misalnya di kartu ATM saya, passwordnya saya tulis G*9, itu artinya Granmax2009, karena (misalnya saja) mobil saya adalah Granmax yang saya beli di thn 2009. Atau bisa juga G*4 karena Granmax dan platnomornya 1234. Jadi, selamat mencatat password…!!!😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s