Internet Murah via Ponsel (1)

KR, Jumat 22 Mei 2009. Pelanggan telpon seluler kini sedang dimanjakan oleh para operator dengan layanan koneksi Internet. Beberapa di antaranya menawarkan paket murah, namun ada juga yang mahal. Diperlukan informasi yang jelas sebelum memilih layanan Internet. Artikel ini akan memberi panduan praktis sebelum anda memutuskan untuk memilihnya.

Tidak dapat disangkal lagi, kebutuhan berkomunikasi tidak lagi cukup melalui telpon atau SMS. Kini pemakai ponsel sudah mulai merasakan kebutuhan koneksi Internet yang selama ini hanya bisa dinikmati dengan komputer. Bagaimanapun, koneksi Internet dengan komputer tidak praktis. Untuk menghidupkan atau mematikan komputer saja sudah butuh waktu. Belum lagi untuk membawa komputer ke sana kemari, meskipun netbook yang tergolong kecil, tetap saja merepotkan. Lalu diperlukanlah koneksi Internet melalui ponsel.

 

Tarif Internet via Ponsel
Tarif Internet via Ponsel

Produsen ponsel sudah memberi kemudahan pengguna untuk bermain Internet, dengan mengenalkan perangkat ponsel yang memiliki keyboard lengkap. Tidak lagi sebatas pada tombol angka yang dapat menampilkan huruf setelah ditekan berkali-kali. Efek sampingnya adalah ponsel harus lebar dan layar ponsel pun juga ikut melebar. Akibatnya, mengunjungi situs-situs Internet menjadi lebih kelihatan seperti aslinya, tidak seperti dulu, dengan berbasis WAP sehingga tampilannya hanya berupa daftar tulisan yang sangat singkat.

Operator seluler agaknya melihat tren ini, apalagi dengan semakin populernya situs jejaring sosial seperti Facebook, Flickr, Friendster, Plurk, dan sebagainya. Kini operator, baik yang berbasis CDMA maupun GSM, mulai menawarkan layanan Internet yang relatif murah. Namun pengguna harus waspada, karena harga yang ditawarkan memang angka kecil, misalnya tidak sampai Rp1 per kilobyte. Namun bila melibatkan data yang besar atau waktu yang lama, tidak menutup kemungkinan pengguna akan membayar puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

 

Operator CDMA dan GSM

 Hampir semua operator kini menawarkan koneksi Internet, bahkan diembel-embeli dengan harga murah, bahkan gratis. Masing-masing dengan skema dan tarif yang berbeda-beda. Operator berbasis CDMA rata-rata menawarkan koneksi ke Internet berdasarkan waktu atau berdasarkan volume data. Esia dan StarOne menawarkan tarif Rp250 per menit sedang StarOne Rp75 per menit. Flexi, Hepi, dan StarOne juga menawarkan Rp1 per kb, sedang Fren Rp2/KB untuk pelanggan pascabayar dan Rp6/KB untuk prabayar.

Smart menawarkan pola yang berbeda, yaitu gratis koneksi Internet hingga 2 GB akses data per bulan dengan kecepatan 3G, dengan pembelian ponsel yang bisa berfungsi sebagai modem seharga Rp289.000. Kelebihan pemakaian data hanya Rp0,275/KB. Tawaran ini berlaku 6 bulan. Kini Smart juga mengenalkan layanan baru, yaitu dengan isi ulang sebesar Rp50.000 pelanggan dapat menikmati akses Internet gratis tanpa batas volume data selama sebulan.

Untuk operator GSM, skemanya sedikit lebih rumit, meskipun ada yang sederhana. Mentari membebani pelanggannya dengan Rp1/KB, sementara AXIS ASIX memberi gratis akses Internet sebesar 1 MB per hari, cukup dengan menjaga kartu berada dalam kondisi aktif. Padahal bila tidak dipakai menelpon dan berkirim SMS, pulsa Rp10.000 sudah cukup dipakai untuk Internetan sebulan penuh, yang berarti mendapat gratis 30 MB. Kelebihan akses dikenai biaya Rp0,5/KB, masih lebih murah dibanding kebanyakan tarip yang ditawarkan oleh operator CDMA. Kecepatannya setara dengan Internet CDMA, yaitu maksimum 154 KB/detik.

XL memberi layanan dengan tarip Rp0,01 tapi hanya berlaku untuk 50 KB. Lebih dari itu, pelanggan dikenai Rp10/KB namun layanan ini akan berakhir 31 Mei 2009, sehingga perlu dipelajari lagi iklan atau tawaran berikutnya. Sedangkan IM3 mengenalkan paket perdana Groov3 yang berisi koneksi gratis ke Internet selama 100 menit atau tidak sampai 2 jam. Layanan ini pun hanya bisa dinikmati sesudah 15 hari kartu diaktifkan. Kelebihan pemakaian akan dibebani Rp1 per KB.

Skema yang agak rumit ditawarkan oleh Simpati dan 3. Simpati memberi gratis koneksi Internet pada paket perdana Simpati Pede hingga 5 MB dan kelebihannya dikenai Rp1/KB. Selanjutnya pelanggan dapat membeli pulsa senilai Rp5.000 untuk mendapatkan paket 5 MB dalam waktu 7 hari. Untuk pulsa senilai Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100.000, pelanggan akan mendapat 30 MB, 100 MB, dan 300 MB dalam kurun waktu 30 hari.

Operator 3 memberi tawaran Internet gratis 500 KB per hari untuk isi ulang sebesar Rp10.000 atau Rp20.000, yang membedakan hanya masa berlakunya yang 10 hari dan 15 hari. Isi ulang Rp30.000, Rp40.000, atau Rp50.000 akan mendapat jatah yang sama, yaitu 1 MB per hari, selama 30 hari. Agak aneh memang, karena pelanggan tentu akan memilih isi ulang pulsa dengan harga terendah, yaitu Rp30.000. Selain itu, masih ada pulsa Rp50.000 dan Rp75.000 yang akan mendapatkan gratis 1 MB per hari, dengan masa berlaku masing-masing 30 dan 45 hari. (bersambung)

9 thoughts on “Internet Murah via Ponsel (1)

  1. I will pay you $5.00 to approve my comment. This is not a joke. I will be back in 1 week to check if my comment is here, then I will contact you for payment details. Thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s