Internet Murah via Ponsel (2)

KR, Jumat 22 Juni 2009.

Lalu Pilih yang Mana?

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih paket Internet murah. Pertama, cari informasi apakah di daerah Anda koneksi operator yang akan anda pilih sudah bagus, minimal lebih dari separoh dari indikator penuh. Kalau sinyal lemah, seringkali sulit dipakai untuk koneksi ke Internet. Namun bila Anda menggunakan Internet secara berpindah-pindah, pastikan juga sinyal di daerah yang anda kunjungi juga kuat.

Kedua, tentukan apakah anda akan lebih banyak menggunakan ponsel untuk bermain Internet, atau ponsel hanya sebagai modem? Kalau ponsel sebagai modem, semua ponsel CDMA bisa disambungkan ke komputer. Sedang ponsel GSM biasanya sudah nyaman dipakai untuk berkelana ke dunia maya, misalnya untuk memeriksa e-mail atau bermain Facebook 24 jam. Namun banyak juga ponsel GSM yang bisa dijadikan sebagai modem.

Ketiga, tentukan pola pemakaian Anda. Apabila Anda sering mengunduh data dalam jumlah besar, mungkin koneksi berbasis waktu akan menguntungkan anda, karena berapapun besarnya data yang anda unduh, hanya dihitung berbasis waktu. Kalau tarip per menit Rp75, berarti dalam satu jam anda harus membayar Rp4.500, sedikit lebih mahal dibanding di warnet. Untuk sekadar memperbarui status di Facebook, mungkin koneksi berbasis volume lebih menguntungkan, karena meskipun anda terkoneksi lama ke Internet, data yang anda kirim atau terima hanya kecil.

Dari semua itu, tawaran yang saat ini cukup digemari adalah tawaran dari Axis Asix dan dari Smart. Smart menawarkan koneksi Internet tanpa batas volume selama sebulan penuh, untuk isi ulang pulsa Rp50.000. Namun pulsa ini jangan sampai habis dipakai untuk menelpon maupun ber-SMS. Sedangkan dari Axis Asix, cukup dengan membeli kartu perdana Rp6.000 ditambah pulsa Rp10.000 untuk sebulan, Anda sudah mendapat koneksi Internet 1 MB per hari selama 30 hari.

Iklan bersama ponsel Nexian dan XL (www.nexian.co.id)

Bahkan tawaran dari Axis Asix ini mampu mendongkrak penjualan ponsel Nexian NX-G900. Sebenarnya ponsel ini ditawarkan oleh XL dengan paket seharga Rp999.000. Ponsel buatan Cina ini bisa menjalankan dua kartu GSM bersamaan, sehingga bila slot satunya diisi Axis Asix, ponsel yang berbentuk mirip BlackBerry ini sangat nyaman dan murah dipakai berInternetria. Mau chatting, Facebook, e-mail, atau browsing, tidak ada masalah. Sayangnya, ponsel ini belum beredar di daerah, karena di Jakarta saja, harga ponsel ini meningkat tajam hingga Rp1,4 juta atau hampir 140% dari harga normal. Tidak biasanya ponsel buatan Cina mengalami kondisi seperti ini.

Pemakaian Internet dalam jumlah besar, misalnya untuk mengunduh lagu MP3 atau bahkan klip video di YouTube, biasanya mencapai puluhan, bahkan ratusan MB per hari. Bila Anda termasuk pemakai Internet kelas kakap seperti ini, memang lebih baik menggunakan fasilitas HSDPA yang memerlukan modem khusus. Harga modem berkisar antara Rp600.000 hingga Rp1.500.000 dan biaya langganan mulai dari Rp100.000-an dengan kuota antara 1 GB hingga tak terbatas. Koneksi Internet berbasis 3,5G atau HSDPA ini berkecepatan maksimum hingga 3,6 MB per detik, meskipun kenyataannya tidak sampai 10%-nya. Apalagi seperti yang telah diuraikan di atas, maksimum hanya 153 KB/detik dan ketika dipakai juga jarang mencapai 10%-nya. Hanya saja, jaringan HSDPA hanya ada di kota-kota besar saja, dan untuk Yogyakarta hanya terbatas di dalam area ring road saja.

Bila Anda memiliki dana berlebih, ada baiknya Anda menimbang-nimbang untuk memakai BlackBerry saja. Dengan harga perangkat antara Rp4 hingga Rp8 juta dan biaya berlangganan kurang dari Rp200.000 per bulan, Anda sudah dapat menikmati akses Internet tanpa batas di semua daerah yang ada koneksi selulernya.

2 thoughts on “Internet Murah via Ponsel (2)

  1. Interupsi pak, mo tanya sumbernya koq tanggalnya 22 Juni 2009. padahal hari ini khan baru tanggal 30 Mei 2009.hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s