Nokia Messaging Menandingi BlackBerry

Nokia Messaging adalah aplikasi baru yang dibuat Nokia yang memungkinkan ponsel Nokia menerima e-mail secara realtime. Aplikasi ini dapat diambil dari email.nokia.com dan dapat dijalankan di ponsel Nokia yang dapat mengakses Internet.

[Kedaulatan Rakyat, Jumat 26 Sep 2009] Sekarang sudah jaman push e-mail, yaitu e-mail yang dapat masuk ke ponsel tanpa harus dipanggil oleh pemiliknya. Cara kerjanya mirip SMS. Hanya saja, SMS bekerja berdasarkan nomor ponsel, sedang e-mail bekerja berdasarkan alamat e-mail. Push e-mail menjadi andalan utama ponsel BlackBerry. Selain itu, kini telah tersedia beberapa aplikasi yang dapat dijalankan di berbagai ponsel, yang juga memiliki kemampuan push e-mail, misalnya Morange V yang dapat diunduh dari http://www.morange.com. Sebaliknya, pull e-mail adalah metode penyampaian e-mail yang hanya sampai ke server e-mail.

Untuk membaca e-mail tersebut, pemilik e-mail harus terkoneksi ke Internet dan membuka e-mailnya. Bila pemilik e-mail tidak membuka e-mail, maka dia tidak akan tahu ada e-mail untuknya atau tidak. Pemilik e-mail harus aktif memeriksa kiriman e-mailnya secara rutin. Cara ini tidak praktis, lalu digantikan oleh sistem push e-mail, yang akan langsung mengirimkan e-mail ke pemilik akun. Karena jarang sekali ada orang membawa-bawa komputer dalam kondisi on dan selalu terhubung ke Internet, maka pull e-mail dirasakan tidak praktis.

Masalah ini dipecahkan oleh BlackBerry, yang menawarkan push e-mail. Penerima e-mail akan selalu mendapat tanda, dapat berupa getaran atau nada dering, apabila ada e-mail yang diterimanya. Saat itu juga dia dapat membaca dan langsung membalas e-mail yang diterimanya. Ya, memang mirip SMS. Memang ciri khas e-mail yang dikirim dari BlackBerry adalah pesannya sangat pendek, seperti pada SMS. Bedanya, kalau SMS tidak gratis, sedang e-mail bersifat gratis, karena sudah termasuk dalam iuran bulanan BlackBerry.

Penguasa pangsar ponsel terbesar di dunia yaitu Nokia, baru-baru ini telah mengedarkan aplikasi Nokia Messaging yang berfungsi sebagai pengelola push e-mail. Setiap ada e-mail masuk, ponsel Nokia akan langsung memberi tanda kepada si pemiliknya.

Aplikasi yang dapat dijalankan di sebagian besar ponsel Nokia seri E dan N ini dapat diunduh dan diinstal melalui situs email.nokia.com. File yang diunduh melalui ponsel akan langsung diinstal. Besarnya file kurang lebih 2 MB dan dalam jaringan GPRS memerlukan waktu pengunduhan sekitar 15-20 menit. Yang Diperlukan Ponsel Nokia yang dapat dipasangi aplikasi Nokia Messaging adalah yang sudah berbasis sistem operasi Symbian 60. Sebagian besar ponsel Nokia seri E dan N dapat dipakai untuk menjalankan aplikasi ini push e-mail ini.

Ponsel seri E yang bisa adalah E51, E61, E61i, E63, E65, E66, E71, E72, E75, dan E90. Seri N yang bisa adalah N73, N78, N79, N82, N85, N95, N95 8GB, N96, dan N97. Selain itu masih ada juga beberapa seri yang bisa, yaitu Nokia 5320, 5630, 5800, 6210, dan 6220. Nokia juga berjanji untuk memungkinkan aplikasi ini dipasang pada merek ponsel lain. Bila diperhatikan, semua ponsel Nokia tersebut memiliki koneksi GPRS dan dapat menampilkan jadwal atau informasi lain di layar utama. Oleh karena itu, ponsel Nokia yang tidak memiliki kemampuan tersebut, meskipun sudah berbasis Symbian 60, tidak dapat dipasangi Nokia Messaging. Ponsel yang tidak bisa tersebut misalnya N9300, N9300i, dan N9500.

Anda dapat memasukkan 10 alamat e-mail, namun harus ada satu yang utama, karena akan dipakai untuk konfirmasi pada saat instalasi dan log-in awal. Menurut pengalaman saya, akun Gmail atau Google Mail merupakan akun yang paling mudah disetting. Alamat e-mail berbasis POP3 atau IMAP seperti pada Gmail, Yahoo, dan Windows Live Hotmail, bisa dimasukkan, demikian juga e-mail kantor atau perusahaan. Khusus Yahoo, yang sudah POP3 justru yang berakhiran co.id atau co.sg, sedang yang berakhiran .com belum POP3, kecuali anda sudah membayar biaya langganan.

Sebelum menginstal Nokia Messaging, pastikan dulu alamat e-mail yang akan Anda masukkan. Setelah itu melalui browser di ponsel, masuklah ke alamat email.nokia.com dan ikuti petunjuknya. Pada instalasi tahap awal ini, Anda akan diminta memasukkan data alamat e-mail Anda, mulai dari alamat email, misalnya nama@gmail.com, lalu password anda.

Anda juga diminta menuliskan nama lengkap Anda, yang akan ditampilkan sebagai pengirim e-mail. Masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara menampilkan nama asli dan bukan alamat e-mail pada saat mengirimkan e-mail. Satu hal yang juga menarik adalah Anda dapat mengisikan baris penutup atau signature. Para pengguna BlackBerry mendapat penutup otomatis dari operatornya, misalnya “Sent from my BlackBerry”. Nah, pada Nokia Messaging ini, Anda juga dapat mengatur baris penutup ini misalnya saja dengan kata-kata “Dikirim melalui Nokia Messaging” atau ‘E-mail dari Nokia asik juga’.

Petunjuk rinci pengaturan e-mail dapat dilihat pada email.nokia.com/account/faq.action. Anda dapat menginstal hingga 10 alamat e-mail, yang nantinya dapat dipisah pada masing-masing kotak masuk, atau bisa juga digabung menjadi satu. Pada saat ada e-mail masuk, ponsel Nokia anda akan memberi tanda berupa nada dering khusus. Selain itu juga akan terlihat di layar, e-mail tersebut dari siapa. Anda dapat langsung membalasnya.

Keunggulan dan Kelemahan

Dibanding push e-mail dari BlackBerry, Nokia Messaging memiliki keunggulan, misalnya waktu untuk mengambil e-mail dari server bisa diatur tidak setiap saat seperti di BlackBerry, tetapi tiap 5 menit, tiap 2 jam, tiap hari, dan sebagainya. Dengan cara ini, penggunaan baterai akan lebih hemat.

Sebanding dengan BB, Nokia juga dapat menampilkan e-mail berformat HTML, sehingga dapat membaca e-mail dengan berbagai bingkai dan gambar di dalamnya. Selain itu, e-mail juga dienkripsi dengan Secure Socket Layer (SSL) dan disimpan di perangkat ponsel Nokia Anda selama 30 hari. Setelah itu, e-mail di ponsel akan terhapus dengan sendirinya, meskipun di server masih tetap ada. Durasi ini dapat diubah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nokia dapat mendukung sekitar 23 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Bila digunakan di luar negeri, fasilitas roaming akan secara otomatis mematikan push e-mail, karena biaya roaming data biasanya sangat mahal. Namun aturan ini juga dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan. Paling bagus bila Anda dapat menemukan jaringan wi-fi yang biasanya disediakan secara cuma-cuma di tempat-tempat publik.

Beberapa kelemahan bawaan adalah semakin banyak anda mendapat e-mail, semakin besar data yang harus anda unduh, berarti semakin besar pula biayanya. Oleh karena itu cermatlah mempelajari biaya data yang dibebankan oleh operator anda. Program Nokia Messaging sendiri masih digratiskan oleh Nokia, namun pembacaan data tidak gratis, sesuai dengan tarip yang ditentukan oleh operator. Sedangkan pada pelanggan BlackBerry, tidak perlu ada kekhawatiran biaya karena sudah termasuk ke dalam biaya berlangganan bulanan.

Kelemahan lain adalah, Nokia belum menyediakan program untuk chatting. Meskipun demikian, sudah banyak aplikasi untuk chatting dan Facebook.

9 thoughts on “Nokia Messaging Menandingi BlackBerry

  1. Saya coba layanan ini dengan Telkomsel, tapi ternyata setelah trial 30 hari tidak bisa digunakan lagi. Saya sudah coba aktivasi dengan berbagai cara, menghubungi 111, ke Grapari, Gerai Nokia, Telkomsel siaga… sama saja hasilnya nihil alias tidak bisa digunakan. Mungkin dengan provider lain lebih baik.

  2. Ponsel saya Nokia 3120 c masih S40, sudah bisa pakai ovi mail, bahkan saya kirim postingan ke blog pakai ponsel ini.

    1. Idiiih nona satu ini, emang ada Nokia BlackBerry? Itu kan dua nama perusahaan yang saling bersaing? Kalau yg saya ceritakan di atas kan software utk Nokia, yang bisa menyaingi BlackBerry? Namanya ya email Nokia saja. Silahkan didownload melalui email.nokia.com (bisa langsung dari ponsel Nokia Anda). Gratis kok, kecuali biaya GPRS yg akan dibebankan oleh operator Anda.

  3. Pak Wing, kapan artikel-artikel terbarunya di publish di blog ini. saya tunggu ya pak? soalnya saya orang luar jogja jadi agak susah cari koran KR🙂

    1. Mas Agus, saya baru saja posting 3 artikel tuh. Monggo silakan dilihat-lihat ya😉 saya tunggu saran dan masukannya…😛 Trims ya…

  4. Mas saya baca artikel anda di koran KEDAULATAN RAKYAT hari Senin 3 Agustus 2009 tentang BETAH DENGAN HOTSPOT DI RUMAH. Di artikel itu anda mengambil contohnya pake speedy.nah klo pake IM2 untuk hotspot di rumah bisa gak…??mohon panduannya.klo gak keberatan kirim lewat email di taufiq_petro@yahoo.com

    1. Mas Taufiq, untuk itu perlu beli router yang khusus untuk GSM. Harganya berkisar dari Rp2jutaan hingga di atasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s