BlackBerry tanpa BlackBerry?

KR 31/7/09. Salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh calon pengguna ponsel BlackBerry adalah: haruskah saya berlangganan layanan BlackBerry untuk dapat memanfaatkan pesawat BlackBerry saya? Memang bisa, tetapi ada beberapa hal yang perlu diketahui. Berikut penjelasannya.

Mengatur setting hotspot di BB.
Mengatur setting hotspot di BB.

BlackBerry adalah merek ponsel cerdas, seperti halnya merek-merek ponsel lain, misalnya  iPhone, LG, Nokia, Samsung, Sony Ericsson, dsb. Bedanya, BlackBerry menyediakan layanan khusus terutama koneksi Internet, yang terdiri dari tiga jenis layanan, yaitu BIS, BES, dan BPS. BIS atau BlackBerry Internet Service adalah layanan komunikasi yang ditujukan untuk pengguna individu. Dengan BIS pelanggan dapat menikmati layanan komunikasi baik melalui jalur telpon seluler (melalui operator) maupun komunikasi melalui Internet (yang dikontrol oleh pusat BlackBerry di Kanada).

Layanan BES atau BlackBerry Enterprise Server adalah layanan BlackBerry yang disediakan untuk para pengguna pada suatu perusahaan besar, dengan jumlah puluhan hingga ratusan orang. Keuntungan BES adalah pengguna tidak perlu menyimpan satu per satu data kontaknya, terutama yang sudah tergabung ke dalam BES, karena penyimpanan dilakukan oleh server. Server dapat dikelola oleh perusahaan atau dapat juga dikelola oleh operator. Keuntungan lainnya adalah sinkronisasi jadwal atau pesan, sangat mudah dilakukan melalui BES.

Layanan BPS atau BlackBerry Professional Service mirip dengan layanan BES, namun dengan jumlah pengguna yang tidak begitu banyak, paling hanya sekitar 5-20 orang. Layanan ini cocok untuk perusahaan yang tidak begitu besar, namun sudah memerlukan komunikasi realtime dengan frekuensi yang cukup banyak.

Semua layanan tersebut menuntut pemakainya untuk membayar biaya berlangganan bulanan.  Kini ada empat operator yang menyediakan layanan koneksi BlackBerry, yaitu Axis, Indosat, Telkomsel, dan XL. Namun di Indonesia, layanan BIS ada yang dapat dibayar mingguan, bahkan harian. Hal ini tentu saja unik, karena tidak lazim dijumpai di negara-negara lain. Bisa dimaklumi, karena pemakai BlackBerry di Indonesia sebagian besar adalah kaum muda, baik pelajar, mahasiswa, atau para eksekutif baru, sehingga soal uang, masih harus dihitung dengan ketat. Dengan layanan harian, tentu lebih hemat, namun tetap dapat mempertahankan gaya dan martabat.

Dengan membayar biaya layanan BlackBerry, pengguna dapat mengakses Internet tanpa batas, untuk daerah yang sudah dikover juga sudah bisa memanfaatkan 3G, dan yang penting, pengguna tidak lagi dipungut bayaran apabila mengirim atau mengunduh berbagai file. Layanan seperti ini tidak dapat dinikmati oleh pengguna ponsel lainnya, paling tidak hingga saat ini.

BlackBerry Kosongan?

Kembali ke pertanyaan awal di artikel ini, mungkinkah kita memakai pesawat BlackBerry tanpa berlangganan layanan BlackBerry? Atau, kita namakan saja memakai BlackBerry kosongan?

Memang bisa, tetapi tentu ada beberapa layanan dan fitur yang tidak dapat dinikmati. Layanan utama yang tidak dapat dijalankan adalah BBM atau BlackBerry Messenger. Layanan ini merupakan layanan chatting antarpengguna BlackBerry berdasarkan pada PIN. PIN pada BlackBerry merupakan identitas yang dapat dipertukarkan dengan pengguna BlackBerry lainnya, sehingga pengguna yang masih baru, kadang-kadang merasa kikuk bila temannya bertanya “Berapa PIN BBmu?”.

Layanan BBM ini selain dipakai untuk chatting berdua maupun konferensi, juga dapat digunakan untuk mengirimkan file atau data kontak. Pengguna dapat juga mengirim lokasi tempatnya berada melalui GPS yang ada di pesawat BlackBerrynya.

Layanan lain yang tidak dapat dinikmati adalah berbagai layanan yang memerlukan jalur BIS, seperti Facebook for BlackBerry, Gmail for BlackBerry, layanan GPS, dan sebagainya.

Anda tidak perlu khawatir, layanan dari operator seluler seperti telpon, SMS, dan MMS, tetap dapat dinikmati seperti biasa. Layanan ini tetap berbayar, meskipun Anda berlangganan layanan BlackBerry maupun tidak.

Anda juga dapat menikmati koneksi Internet melalui jaringan GPRS yang disediakan oleh operator, namun perhatikan taripnya. Tarip GPRS biasanya dihitung per KB dan tiap operator memiliki tarip yang berbeda, mulai dari Rp0,275 per KB hingga Rp10 per KB. Kelihatannya sangat kecil angkanya, tetapi kalau Anda mengunduh satu lagu MP3 berukuran 3 MB atau setara dengan 3.072 KB, dikalikan Rp10 berarti Anda harus membayar Rp30.720 hanya untuk sebuah lagu!

Alternatif Lain

Pesawat BlackBerry banyak yang sudah memiliki fitur wi-fi atau hotspot, meskipun ada juga satu dua seri yang tidak memiliki kemampuan ini. Bila pesawat BlackBerry Anda memiliki kemampuan wi-fi, gunakanlah fasilitas ini untuk berkoneksi melalui Internet. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

Pertama, aturlah agar browser Internet Anda menggunakan hotspot, karena bawaan dari sananya adalah menggunakan layanan operator. Caranya, kliklah tombol menu BlackBerry, Options, Advance Options, Browser. Pada item Default browser configuration, ubahlah menjadi HotSpot Browser. Anda tinggal memilih dari pilihan yang tersedia.

Langkah kedua, carilah area publik yang menyediakan layanan hotspot, usahakan yang gratis saja. Untuk mencari layanan hotspot, klik tombol menu BlackBerry, Manage Connections, berilah tanda centang pada item Wi-Fi.

Setelah itu, kliklah menu Set Up Wi-Fi Network untuk mencari sinyal hotspot. Jalankan menu Scan for Networks. Bila ada beberapa sinyal yang ditemukan, pilihlah yang terkuat sinyalnya. Beberapa area publik memerlukan user id dan password, mintalah kepada pengelolanya. Untuk menginput user id dan password, jalankan menu Wi-Fi Hotspot Login. Kalau berhasil, Anda sudah dapat menikmati layanan hotspot sepuasnya secara gratis.

Anda hanya perlu menjalankan browser di perangkat BlackBerry Anda, lalu masuklah ke berbagai situs yang diinginkan. Perlu Anda ketahui, sekarang banyak situs yang khusus disediakan untuk pengguna ponsel, cirinya adalah alamat situsnya tidak diawali dengan www, melainkan dengan huruf m (singkatan dari mobile). Misalnya Anda ingin masuk ke facebook, jangan masuk ke http://www.facebook.com, karena situs itu ditujukan untuk pemakai komputer, sehingga terlalu berat bila diakses dari ponsel sehebat apapun. Sebagai gantinya, masuklah ke alamat m.facebook.com.

Demikian juga dengan alamat-alamat lain, misalnya m.google.com, m.gmail.com, m.yahoo.com, m.detik.com, dan seterusnya. Alamat situs berawalan m ini akan berjalan lebih cepat, karena tampilannya disesuaikan dengan kemampuan layar perangkat ponsel. Jangan khawatir, Anda tetap dapat menikmati hampir semua menu yang disediakan pada situs aslinya.

Hotspot Pribadi

Bila Anda tidak suka pergi keluar rumah untuk menikmati layanan hotspot, Anda dapat membuat sendiri di rumah. Misalnya saja Anda sudah berlangganan Internet melalui telpon rumah atau operator seluler, Anda dapat memakai alat pemancar hotspot yang biasa dijual di toko-toko komputer dan membuat jaringan hotspot sendiri.

Kalau biasanya Anda hanya dapat menikmati koneksi Internet secara bergantian dengan anggota keluarga yang lain, apabila sudah dibuat hotspot, tiap anggota keluarga dapat memakai perangkatnya masing-masing untuk terhubung ke Internet. Ada yang memakai notebook atau netbooknya, ada yang memakai Playstation Portablenya, ada yang memakai ponselnya, atau ada juga yang memakai PDAnya. Anda sendiri memakai pesawat BlackBerry Anda. Jangan kaget kalau seisi rumah berkumpul di ruang keluarga, tetapi semua saling berkomunikasi melalui Facebook, tanpa ada perbincangan lagi.

Nah, bagi Anda yang masih ragu atau berkeberatan untuk berlangganan layanan BlackBerry, masih ada jalan untuk memakai perangkat ponsel canggih Anda itu. Namun kalau teman-teman tahu bahwa Anda membawa pesawat BlackBerry, atau bahkan ponsel yang mirip-mirip BlackBerry, jangan marah kalau teman Anda bertanya: “Berapa PINmu?” Apa kata dunia?

27 thoughts on “BlackBerry tanpa BlackBerry?

    1. Tapi, artikel di atas ditulis tahun 2009 lho, sudah lama sekali😉 sekarang sih dengan sistem BB OS 10, malah secara resmi sudah tidak bisa dengan BIS lagi…

  1. BB sy ga bisa cek pulsa. tiap kali dial *888# selalu gagal. gmn cara ngaktifin BISnya kl dial cek pulsa aja ga bisa…
    apanya yg salah ya?
    sy jd kepikiran untuk ganti provider saja.
    Mohon bantuannya pak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s