Jam Tangan BlackBerry

KR, 28 Okt 2009. BlackBerry sedang menyiapkan beberapa andalan barunya, di antaranya adalah perangkat jam tangan yang dapat ditautkan dengan layanan BlackBerry. Lalu strategi apa saja yang akan dipakai oleh RIM selaku pembuat BlackBerry menghadapi para pesaing-pesaingnya?

 

From crackberry.com
Jam tangan yang terhubung dengan BlackBerry

BlackBerry agaknya masih bakal menjadi tren beberapa bulan mendatang. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya ponsel yang dirancang menyerupai bentuk Blackberry. Bahkan hampir semua merek lokal dan produk dari Cina, sudah mengeluarkan edisi yang mirip Blackberry. Model candy bar atau  batangan, layar lebar, bisa untuk mengakses facebook, dan yang lebih penting lagi adalah susunan keyboardnya yang sudah mode QWERTY. Bahkan ponsel-ponsel mirip Blackberry ini memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh Blackberry asli, misalnya kemampuannya untuk menelan dua kartu GSM dan penerima siaran televisi dan radio.

Dengan harga yang hanya sepertiga hingga seperlima harga normal Blackberry, para pemakai ponsel sudah rela dirinya ingin dianggap sebagai kelompok pemakai ponsel buatan perusahaan RIM itu. Alhasil kini sudah banyak pemakai ponsel yang lebih percaya diri karena orang lain mengira dirinya memakai pesawat Blackberry.

Kecenderungan ini ditunjang juga dengan kemampuan berbagai ponsel untuk mengakses layanan komunitas sosial seperti facebook, friendster, atau aplikasi chatting. Hampir semua iklan ponsel sekarang menyebut kemampuan ini.

Sedikit banyak, pasar Blackberry terganggu dengan ulah para pesaingnya yang secara terang-terangan menjiplak bentuk ponsel Blackberry. Tetapi untunglah hingga saat ini belum ada yang dapat menjiplak layanan dan software-software yang ada di dalam Blackberry. Layanan yang menjadi ciri utama Blackberry adalah adanya PIN, yang merupakan identitas unik pesawat Blackberry, sehingga memang tidak ada duanya.

RIM menjadi pengendali tunggal pemakaian PIN, sehingga kalau ada PIN ilegal, pesawat Blackberry akan langsung diblokir. Kalau sudah begini, tidak ada yang bisa diperbuat oleh pemilik pesawat Blackberry hasil bajakan ini. Padahal, pesawat jenis ini banyak beredar di Indonesia, karena harganya yang jauh lebih murah dari pesawat Blackberry yang resmi.

 

Upaya RIM dan Rekanannya

Dalam menghadapi persaingan tingkat global yang cenderung tidak sehat, RIM lebih mengandalkan cara-cara yang elegan. Selain tetap memasarkan produk-produk baru, mereka mengajak berbagai perusahaan untuk membuat berbagai produk, baik hardware maupun software, yang dapat digunakan dengan pesawat Blackberry.

Produk terbaru yang beredar di Indonesia setelah Bold (seri 9000), Storm (9500) dan Javelin (8900) adalah Curve (8520). Bulan depan diperkirakan Bold (9700) akan keluar, menggantikan Bold (9000) yang hingga saat ini merupakan seri paling stabil pemasarannya. Meskipun seri baru selalu keluar, tetapi seri lama tetap saja diburu para pecinta Blackberry, karena harganya sudah sangat murah, namun untuk berkirim email atau bersosialisasi di Internet, tetap terlihat kalau koneksinya dilakukan dari Blackberry. Beda dengan koneksi yang melalui ponsel mirip Blackberry, biasanya hanya ditampilkan koneksi melalui ponsel.

Bold 9700 akan menggunakan prosesor 624 MHz, masih sama dengan prosesor Bold 9000. Meskipun demikian banyak kemampuan sudah ditingkatkan, seperti memori internal, kehalusan layar, fitur multimedia, peningkatan akurasi GPS, dan sebagainya. Perbedaan lain yang cukup terasa adalah sistem operasi Bold 9700 yang sudah menggunakan versi 5.0, sementara pada Bold 9000 masih 4.6 dan saat ini sudah ada versi perbaikannya yaitu 4.7.

 

bold-9700-pamphlet-1024x1024
BlackBerry Bold 9700

Selain mengembangkan berbagai produk dan layanannya, RIM juga mengajak rekanan-rekanannya untuk menjual berbagai layanan atau perangkat yang dapat digunakan bersamaan dengan berbagai pesawat Blackberry. Berbagai layanan yang sudah dikenalkan antara lain adalah facebook, Google, twitter, Bolt, dan masih banyak lagi. Kebanyakan bersifat gratis, meskipun ada juga yang berbayar.

Selain software, Blackberry juga mendapat dukungan dari vendor hardware, misalnya dari inPulse yang akan membuat jam tangan yang dapat dikoneksi dengan pesawat Blackberry melalui Bluetooth. Sebenarnya RIM juga sudah bekerja sama dengan Sony Ericsson untuk mengembangkan jam tangan serupa, namun perkembangannya relatif lambat, sehingga kini ada dua jenis jam tangan yang akan melengkapi Blackberry. Bayangkan saja kalau pada saat rapat, para peserta rapat sering bermain-main dengan Blackberrynya, pastilah pimpinan rapat akan merasa jengkel. Nah, dengan adanya jam tangan ini, peserta rapat dapat membaca pesan, baik berupa email, notifikasi facebook dan sebagainya, melalui jam tangannya. Untuk membalas memang masih tetap harus dilakukan dari Blackberry.

Selain itu, meskipun Blackberry tidak dirancang untuk menerima siaran televisi, tetapi berkat kerja sama dengan CNN, penyedia situs berita terkenal, kini pemakai Blackberry dapat melihat siaran CNN secara langsung. Caranya adalah dengan menginstal aplikasi yang dapat diunduh http://www.cnnmobile.com. Setelah diinstal, pemakai Blackberry dapat menjalankan aplikasi tersebut untuk melihat video streaming berbagai berita terhangat, yang tidak jauh berbeda dengan menonton melalui siaran televisi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s