Ubik Situs Kecil untuk Layar Mungil

Membuat web agar dibuka pakai komputer, sudah biasa. Tetapi sekarang dengan semakin mudahnya kita membuka alamat web di ponsel kita, bukankah sudah waktunya untuk membuat website mungil? Membuatnya mudah, melalui situs http://www.ubik.com. Anda hanya perlu mendaftar, lalu langsung membuat web mungil Anda. Mudah, cepat, cantik. Artikel berikut ini sudah dimuat di harian KR, Yogyakarta.

Tampilan blog di BlackBerry

Web mungil mulai ditawarkan oleh http://www.ubik.com secara gratis. Cara memakainya pun praktis. User tinggal masuk ke situs tadi, lalu pilih menu Create Your Mobile Site. Setelah itu muncul proses registrasi standar, yaitu mengisi kode user, nama lengkap user, alamat e-mail, dan tentu saja password untuk masuk ke akun Anda di ubik.com nantinya. Sampai ke pembuatan web mungilnya, Anda cuma perlu melewati empat langkah! Sangat praktis, sangat mudah, dan sangat cepat. Kalau Anda siap dengan bahan-bahan untuk ditampilkan, paling hanya berupa 2-3 kalimat saja, dalam waktu 30 menit, website Anda sudah siap dipublikasikan ke seluruh dunia.
Proses pembuatannya mudah, karena sudah disediakan banyak pola atau template, termasuk tulisan dan gambar di dalamnya. Anda tinggal mengganti tulisan dan gambar tersebut dari komputer Anda (jangan dari ponsel, karena justru repot). Anda juga otomatis mendapat beberapa halaman. Navigasi tiap halaman tidak perlu Anda pikirkan, karena sudah disediakan oleh Ubik. Anda tinggal mengganti judul halaman saja. Setelah itu, klik Publish this site. Oh ya, kalau Anda punya rasa nasionalisme tinggi, tampilan bahasa Inggris dapat diganti dengan bahasa Indonesia kok.
Situs yang Anda publikasikan nanti formatnya adalah .ubik.net. Kalau Anda tidak suka dengan nama itu, Anda perlu mendaftar layanan yang berbayar, nanti Anda dapat memilih domain sendiri misalnya m.cipluk.com. Satu orang pengguna, boleh memiliki banyak akun. Untuk memberi tahu teman-teman dan relasi Anda, bisa dengan e-mail atau sms, minta mereka untuk menengok alamat, misalnya stieykpn.ubik.net, atau wing.ubik.net, atau aliyah.ubik.net, langsung dari ponsel Anda. Ubik akan menyesuaikan sendiri layar ponsel yang dipakai untuk membuka.
Situs mungil seperti ini agaknya akan populer juga, terutama untuk menyampaikan informasi yang relatif singkat, dilengkapi dengan gambar-gambar, dan praktis, karena dapat dibuka dari ponsel (meskipun bisa juga dari komputer). Yang paling utama adalah untuk pemasaran, pasti bagus, karena selain gambar produk, bisa juga ditunjukkan denah lokasi toko atau perusahaan Anda. Selain itu, juga perlu dimanfaatkan untuk membuat curriculum vitae singkat, sehingga ketika Anda melamar pekerjaan, menjadi pembicara seminar, atau mendaftar ke suatu partai, Anda bisa menyebut alamat web mungil Anda. Para konstituen dan pelanggan akan segera mengetahui apa kehebatan Anda.
Meskipun Anda belum berencana memiliki web mungil ini, ada baiknya Anda tetap mendaftarkan diri, paling tidak untuk mendapatkan alamat yang sesuai dengan nama Anda. Apalagi kalau nama Anda banyak yang punya, bakal kalah duluan dengan orang lain. Sekali lagi, proses pendaftaran dan pembuatan webnya akan mudah dilakukan melalui komputer yang terhubung dengan Internet. Sedangkan membuka situsnya, barulah dari ponsel.
Meskipun untuk membuat situs seperti ini gratis, tetapi hati-hati ketika membukanya di ponsel Anda. Kalau Anda sudah berlangganan dengan biaya tetap per bulan, mungkin tidak ada masalah. Tetapi kalau Anda membayar biaya pemakaian data, sebaiknya tetap berhati-hati, meskipun situs ini tidak membutuhkan biaya mahal untuk membukanya.
Kalau ada yang sudah membuat situs ini, boleh di-share ke teman-teman lain ya?

One thought on “Ubik Situs Kecil untuk Layar Mungil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s