Mulai 1 Maret 2010, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mulai mengoperasikan kereta api kelas ekonomi yang diberi nama KA Banyubiru, dengan jurusan Yogyakarta-Solo-Semarang pp. Jenis keretanya adalah Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI). Kapasitas KA Banyubiru berkisar 400-450 penumpang dengan empat gerbong tiap rangkaian. Jarak tempuh dari Yogya-Semarang (melalui Solo) sekitar 3 jam 11 menit dengan pemberhentian di lima stasiun (Yogya-Solo 55 menit dan Solo Semarang 2 jam 21 menit).

KA Banyubiru (dari http://www.jasaraharja.co.id)

Jadwal pemberangkatan dari Stasiun Tawang Semarang adalah: 05:00 dan 13:00 sedang dari Yogya jam 8:50 dan 16:40. Harga tiket Semarang-Yogyakarta Rp24.000, Semarang-Solo Rp16.000, dan Solo-Yogyakarta Rp8.000 (sama dengan tarip KA Prameks yang sudah beroperasi beberapa tahun sebelumnya).

Jalur Joglosemar ini dulunya sudah ada, yaitu sejak tahun 1872, tetapi kemudian ditutup tahun 1975.

Selamat kepada PT KAI yang berhasil menghidupkan jalur nostalgia ini. Jalur ini tidak hanya akan mengaktifkan perekonomian di antara ketiga kota besar tersebut, tetapi juga akan menjadi jalur wisata baru. Hanya sayang, jadwal dari Semarang terlalu siang, sehingga para pelancong dari Yogya akan kerepotan, karena berangkat terlalu pagi dan pulang ke Yogya terlalu awal. Sedang pelancong dari Semarang akan diuntungkan karena bisa pulang sore hari, meskipun berangkat dari Semarang sudah agak kesiangan.