Ponsel Android

Dunia ponsel kini punya kelompok baru. Setelah ada smartpphone BlackBerry, iPhone, Symbian, dan Windows Mobile, kini telah hadir ponsel dengan sistem operasi Android. BlackBerry dan iPhone merupakan contoh ponsel dengan sistem operasi tertutup, karena sistemnya hanya bisa dipakai di ponsel mereka saja. Windows Mobile dan Symbian lebih terbuka, karena kedua sistem tersebut dapat digunakan pada berbagai merek ponsel. Namun semua sistem operasi tersebut tidak memungkinkan pengguna ikut-ikutan memodifikasi sistem.

Logo Android

Sistem Android yang baru saja beredar merupakan sistem operasi terbuka. User boleh mengubah-ubah sistem di dalamnya. Berbagai perusahaan ponsel boleh menggunakan sistem tersebut secara gratis. Sistem Android berbasis pada sistem operasi Linux, yang memang bersifat opensource dan gratis. Ponsel berbasis Android misalnya adalah Google Nexus One, HTC Hero, LG GW620, Motorola Milestone, Samsung i5700 Spica, dan Sony Ericsson Xperia X10. Untuk kelas entry level atau merek lokal ada IMO S900, Huawei U8220, dan i-Mobile IE 6010.

Berikut adalah beberapa keunggulan ponsel Android.

  1. Kecepatan prosesornya lebih tinggi dibanding rata2 ponsel lain. IMO cuma 400 MHz, tapi yang lain2, seperti Samsung 800 MHz dan Nexus One dan Soner Experia sudah memakai 1 GHz SnapDragon. Bandingkan dengan BlackBerry terbaru dan iPhone yang masih memakai prosesor 624 MHz.
  2. Rata-rata sudah memiliki layar sentuh, beberapa dilengkapi dengan keyboard, kamera banyak yang sudah 3.2 MP, sudah dilengkapi GPS+Google Maps, dan beberapa sudah memakai layar AMOLED yang lebih bagus dibanding layar OLED.
  3. Sistem operasinya dapat diganti-ganti, dan aplikasinya pun tersedia lebih dari 40 ribu di berbagai situs. Situs resmi ada di Google Marketplace. Beberapa ponsel seperti Samsung Spica harus diupgrade ke sistem 2.1 agar dapat diisi Marketplace ini. Aplikasi sejenis ada App Store, Blapk Market, SlideMe, dan sebagainya.

Pada artikel berikutnya, akan saya tunjukkan cara mengupgrade sistem operasi Android, dari versi 1.5 ke 2.1. Tunggu ya…

14 thoughts on “Ponsel Android

  1. Wah mas kebetulan nih saya punya IMO S900 os android cupcake. Yang bikin bete ini hape gak bisa buat browsing, apalagi download aplikasi. Sekalian mau tanya imo s900 bisa nggak di upgrade ke eclair biar sudah terintegrasi dg Android market? Semoga mas bisa menjawab dan membantu permasalahan saya. Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s