Kelebihan BlackBerry

Di antara Anda, sudah banyak yang mendengar BlackBerry ya? Bahkan sebagian di antara Anda, sudah memilikinya. Namun tahukah Anda apa sebenarnya kelebihan BB? Jangan-jangan Anda belum tahu apa kelebihan BB dibanding ponsel atau smartphone lainnya? (Wah, sepertinya saya “agak menggurui” nih ya?).

Saya sering mendengar, teman2 saya atau para penjual BB, mengatakan bahwa kelebihan BB yang utama adalah:

  1. Bisa untuk chatting melalui BlackBerry Messenger atau BBM-an. (Tapi, bukankah hampir semua ponsel dapat dipakai untuk chatting)?
  2. Menggunakan teknologi push-mail untuk pengiriman e-mail, sehingga e-mail akan sampai lebih cepat dibanding pull-mail. (Tapi, bukankah orang yang mengirim e-mail tidak mengharapkan balasan instan alias seketika seperti telpon dan chatting? Dan lagi, sekarang teknologi pull-mail juga hanya selisih beberapa detik saja dalam penyampaian e-mail, jadi saya kira, juga bukan merupakan kelebihan BB lagi bukan?)
  3. Dapat dipakai untuk browsing Internet, dengan teknologi kompresi hingga 1:100. (Tapi, ponsel lain bahkan banyak yang lebih lancar menjalankan isi web kan? Lagian, saya merasa untuk browsing juga tidak wus-wus-wus seperti yang dijanjikan oleh iklannya).

Nah, apalagi yang Anda biasa mendengar kehebatan BB? Menurut saya, sebenarnya kelebihan BB yang tidak dimiliki oleh ponsel lain, kira-kira adalah sebagai berikut:

  1. Aplikasinya terpadu. Anda dapat membuka kontak seseorang, tekan menu, lalu Anda dapat mengirim SMS, PIN, email, menelpon, dan sebagainya. Demikian juga ketika Anda membuka gambar, tekan menu, langsung Anda dapat kirimkan ke FB, Twitter, teman, group, dan sebagainya.
  2. E-mail ada nilai plusnya. Begini. Anda ikut milis teman2 SMP memakai akun Yahoo Anda. Anda mendapat cerita lucu, lalu ingin mem-posting-nya ke milis teman2 SMA, tetapi Anda di sana memakai e-mail lain (katakanlah Gmail). Bagaimana caranya? Kalau dengan BB, buka milis SMP tadi, klik menu Forward, ganti dulu alamat pengirim dengan e-mail Gmail, lalu isikan alamat tujuan ke milis SMA, lalu Send. Sederhana sekali. Kalau dengan pc atau ponsel lain, ribet lah pasti.
  3. Kartu memori dapat dienkripsi agar tidak dapat dibaca perangkat atau BB lain (dari homescreen, klik Options, Security Options, Encryption, atur menjadi Enabled, lalu aturlah informasi di bawahnya). Kalau sudah, klik Save. Dengan aturan ini, file-file di kartu memori Anda tidak dapat dibaca oleh perangkat atau BB lain.
  4. BlackBerry dapat diisi program pengaman seperti Buddy Guard yang dapat diunduh gratis dari AppWorld. Anda dapat mengatur password dan pesan rahasia. Bila karena suatu hal BB Anda terpisah dari Anda, Anda dapat mengirim pesan rahasia dan password (memakai ponsel lain), agar BB Anda menjadi terkunci, membunyikan alarm, atau bahkan menghapus data (wipe). Kalau dengan versi yang berbayar, bahkan Anda dapat melacak lokasi BB Anda.

Nah, kira-kira itu kelebihan BB menurut saya. Mungkin Anda memiliki pendapat lain? Saya tunggu ya. Lain kali akan saya ceritakan kelebihan ponsel iPhone atau Android. Tunggu ya.

7 thoughts on “Kelebihan BlackBerry

  1. Untuk decryption gambar yang sudah ter encryption seperti penjelasan pada poin 3 sehingga berubah menjadi ekstensi .rem caranya gimana pak wing?

  2. sayangnya aplikasi saya nggak didukung oleh OS-nya BB, tapi WinMo..
    makanya saya tetep pake smartphone WinMo..

  3. Pak Wing, mo ngasih tambahan ya….. biar komplit sharingnya….

    1.BBM
    Tidak bisa dipungkiri BBM sebenarnya aplikasi chating yg sangat mengasikkan dibanding aplikasi yg lainnya spt, YM, gtalk, phingchat dll. Banyak yg sudah menggunakan BBM kenyataannya tidak bisa berpindah atau enggan menggunakan aplikasi chating yg lainnya. Beberapa yg saya tanya pasti jawabannya BBM lebih nyaman digunakan, terutama untuk sharing spt foto, attachment dan grouping. Dan saya pun merasakannya juga… berarti BBM memang user friendly. Terutama ini, notifikasi untuk deliver dan read😀
    2.Email
    Memang email hampir sama semua fungsi dalam ponsel, namun jika orang lebih mementingkan tingkat keamaanan, email di BB bisa dibilang lebih aman, knapa? karena fungsi dari enkripsi ini bukan hanya memperkecil ukuran file namun juga membuat data yg terkirim tidak mungkin dibaca oleh media lain. karena model atau jenis filenya sudah berubah bentuk dan hanya bisa dibaca dengan media BB. Jika diibaratkan spt file ZIP, jika tidak menginstall aplikasi pembuka ZIP maka tidak akan bisa dibuka. Contoh nyata pada file sound. Biasanya file untu sound spt wav atau mp3 dll ukurannya cukup besar, namun jika dienkripsi dengan BB maka file menjadi kecil mungkin sekitar 5-10kb. dan hanya bisa dibaca dengan aplikasi dari RIM. spt yg sudah dijelaskan Pak WIng point 3.
    3. Web Browser
    Kelebihan web browser sudah tampak pada OS 6. Dimana kelebihan kelihatan pada HTML5. Silahkan di test antara Iphone, Android dan BB dgn os 6 menggunakan browser yg ada ke alamat : http://www.html5test.com lihatlah score yg di dapat dan hasil fasilitas yg ada. BB OS6 bisa mencapai lebih dari 200point sedangkan Iphone dan Android masih dibawah 200Point.
    4. BES ( Blackberry Enterprise Server )
    Teknologi ini yang belum dipunyai ponsel lain. Dimana segala fasilitas yg ada di ponsel spt : Telp, SMS, MMS, Browsing, Email, BBM, Wifi dan lain2 diatur oleh server yg kita bangun sendiri. Sehingga BES sangat cocok untuk corporate. Jika suatu perusahaan menginginkan semua karyawan menggunakan BB dan dibayar oleh perusahaan maka perusahaan dapat mengatur kebituhan BB sesuai keinginan perusahaan spt hanya Email dan BBM saja yg jalan, maka cukup pada IT Police di server BES saja yg diaktifkan untuk email dan BBM. Saya kira kecanggihan ini yg belum dimiliki oleh ponsel lain.

    Beberapa surver yg telah saya lakukan, kenapa BB sangat digemari di indonesia :
    1. Sangat enak buat ngetik : disini ternyata touchscreen masih terlalu susah digunakan untuk orang indonesia. terbukti stroom gagal untuk penjualannya. Apalagi saat kita menawarkan iphone dan android.
    2. Mudah digunakan untuk pemula tertama wanita : dibanding menawarkan Android dan Iphone ternyata BB lebih mudah dimengerti oleh mereka.
    3. Tidak mudah bosan : fenomena jeleknya pada iphone dan android adalah sangat mengasyikkan di awal namun makin lama tingkat kejenuhan makin tinggi. tapi di BB makin lama masih mengenakkan karena ada satu hal yaitu BBM, mungkin terkait karakteristik orang indonesia kali ya….

    Sehingga jika ingin membandingkan bagus mana ya BB, Android atau Iphone maka dapat disimpulkan : Android and Iphone for Fun, BB for business….
    Sekarang tinggal mau pilih yg mana…. hehehe….

    Terimakasih.
    Salam.
    Bramrider.

  4. great🙂
    terimakasih pak tulisanya,akhirnya saya bs punya alasan kenapa beli BB *sampe sekarang masih mikir hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s