Melirik Kehebatan iPhone

Ponsel iPhone sudah muncul beberapa tahun yang lalu, mulai dari seri iPhone berteknologi 2G, 3G, lalu disusul 3GS dan kini sudah beredar iPhone 4. Meskipun secara resmi belum beredar di Indonesia, tetapi sudah banyak pecinta iPhone yang memilikinya. Keunggulan iPhone, seperti juga keunggulan saudaranya yaitu notebook Mac, terletak pada tampilannya (user interface) yang cantik. Sudah barang tentu didukung dengan kinerjanya.

iPhone 3GS tak kalah dibanding PCSatu hal yang membuat iPhone tidak banyak dimiliki saya kira karena harganya yang terhitung mahal. Menurut saya, iPhone memang memiliki kemampuan sebagai komputer, selain sebagai ponsel pintar tentu saja. Lihat saja aplikasinya yang tersedia di AppStore (iTunes) yang jumlahnya lebih dari 100 ribuan aplikasi. Anda juga dapat melihatnya di apptrackr[.]org atau iphonecake[.]com dan masih banyak lokasi-lokasi lainnya.

iPhone bisa utk memotret dgn disain kover majalahMemangnya untuk apa aplikasi sebanyak itu? Tergantung kebutuhan dan hobi Anda. Beberapa aplikasi yang saya suka ada di bagian aplikasi bisnis, aplikasi personal, aplikasi multimedia, dan aplikasi permainan. Aplikasi bisnis misalnya ada program untuk membuat faktur atau invoice (Invoice2Go), aplikasi office (QuickOffice dan Spreadsheet), program statistik dari deskriptif hingga regresi sederhana (iStatistics). Masih ada dua aplikasi database yang saya pasang, yaitu untuk membuat formulir (Tap Forms) dan database (iDatabase). Untuk mengembangkan ide melalui mind-mapping, saya memakai Maptini.

Aplikasi personal adalah aplikasi yang saya pakai untuk mempermudah saya mengatur dan mengorganisasi kegiatan saya. Di sini ada aplikasi Contacto dan ExcelContacts untuk mengolah data kontak dan jadwal saya. Untuk berbagai catatan lain saya memasang Awesome Note dan Pocket Informant. Untuk mencatat pengeluaran, saya pasang iSpend dan Bill Minder.

Music Studio, memainkan band dari iPhoneAplikasi multimedia lebih luar biasa lagi. Urusan musik, gambar, video, suara, Apple memang jagonya. Saya sangat menyukai berbagai aplikasi untuk menyunting foto dan video, karena di iPhone prosesnya sederhana namun hasilnya setara dengan program di PC. Saya memasang FaceDouble untuk menukar wajah 2 orang, lalu ada Scanner Pro utk memotret dokumen dan hasilnya mirip hasil scan.

PicSketchPro saya pakai utk mengubah foto menjadi lukisan tangan. ImagePro dipakai utk mencari gambar dengan cara yang lebih praktis dibanding Google sekalipun. Anda cukup tulis Yogya, dalam beberapa detik beberapa gambar tentang Yogya sudah muncul di layar. Masih ada lagi PhotoMemo, MultiPhoto, dan CardStudio. Saya juga memasang program DrumKit Pro dan Drums utk sekadar bermain drum. Kita bisa memainkan lagu kemudian kita mencoba mengiringinya dengan permainan drum.

Kalau mau memakai gitar, ada Accoustic Guitar, BassGuitar, dan Chords. Untuk piano, saya pasang Grand Pro. Anda suka karaoke? Saya pasang Karaoke Deluxe dan Karaoke Pro. Nada dasar bisa dinaik-turunkan, tempo lagu bisa dipercepat dan diperlambat. Anda ingin mengaransemen lagu? Saya pasang Music Studio, yang di dalamnya ada berbagai alat musik, dari piano akustik, piano elektrik, gitar dengan berbagai jenisnya, terompet, flute, harpa, drum, dan sebagainya. Hasilnya bisa berupa lagu yang dimainkan oleh sebuah band besar.

Ada "pelajaran" bongkar pasang senjataAplikasi permainan apalagi, jangan ditanya seperti apa hebatnya. Banyak aplikasi game yang filenya berukuran ratusan MB! Ada sepakbola, balapan, atau sekelas simulasi seperti SIM City. Saya pasang SIMS3, Toy Story Mania, Crazy Chicken, Desert Slug, Mayan Puzzle, dan tentu saja ada program Chess dan Mahjong.

Untuk aplikasi pribadi, saya memasang tiga aplikasi yang berkaitan dengan Al Quran (iQuran, Holy Quran, alQuran) plus iSalat. Bacaan berupa buku elektronik (bukan PDF lho!) ada BMW Auto Plus, World Facts dan Factbook (edisi 2010+2011), dan ada pengembangan aplikasi untuk iPhone (ada dua ebook). Ssst, saya pasang juga simulasi bongkar pasang senjata, ada 3 jenis, UZI, MP5, dan AK47. Bisa dituduh mau jadi calon teroris nih jangan-jangan…hiiiksss…

Selain aplikasi di atas, sudah barang tentu aplikasi seperti e-mail, browsing, “BBM”-an (bahkan bisa chat juga ke BB dan Android, saya pakai cnectd), serta posting ke blog, facebook, tweeter, dan foursquare, pasti ada. Kini di iPhone saya sudah terpasang sekitar 80-an aplikasi, 50-an video, 750-an lagu, serta 100-an foto. Dengan iPhone, saya merasa lebih lengkap melakukan kegiatan saya, baik bersosialisasi, bekerja, maupun bersenang-senang bersama keluarga.

Meskipun demikian, saya juga tetap membawa beberapa ponsel lain, baik BlackBerry, Symbian, maupun Android.

5 thoughts on “Melirik Kehebatan iPhone

  1. Saya pemakai iphone 3G S.
    Tapi saya ngak tau Gimana cara nya
    Mau daftar ID nya ,,,,
    Boleh kah bapak membantu saya,,,,
    Gimana cara. Mau mendaftar nya??,

  2. iphone memang bukan telepon biasa, hehehe…
    saya sendiri walaupun beli yang second, tapi cukup puas dengan fitur2 yg ada
    tapi ada 1 hal yg sedikit membuat saya bingung, untuk wi-finya
    saya berkali2 ingin mencoba memakai wifi di area hotspot, lalu sudah saya sambungkan, tapi saya tidak tau, yg mana yg dipakai ketika melakukan sambungan internet, apakah paket data saya atau internet
    lalu saya coba mematikan carrier saya (operator) dgn flight mode, lalu saya coba menyalakan wifi, dan ternyata bisa, tapi waktu saya gunakan utk safari, app store atau chat dgn IMO, tdk ada yg bisa (pdhal wifi sdh connect)
    iphone saya yg 2G, sdh jailbreak ke 3.1.3

    apakah ada petunjuk utk saya?
    terima kasih sebelumnya ^_^

  3. Produk keluaran iPhone emang masih tinggi sekali Mas Wing. Seperti halnya BB, mungkin bagi sebagian org yang kepengen punya, ada hubungan dgn gengsi kali yah. Tapi saya senang dengan tampilan gambar iPhone ini sepertinya lebih real.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s