Undian Berhadiah Milyaran dari Bank

Masyarakat kita gemar memperebutkan hadiah. Kegiatan yang tidak ada hadiahnya, cenderung sepi peminat. Sebaliknya, kalau ada hadiahnya, sekecil apapun kemungkinannya, akan coba diikuti, demi mengejar keberuntungan. Lihatlah lomba mancing atau sepeda gembira. Kalau hadiahnya hanya sepeda motor merek lokal, meskipun iurannya murah, akan sepi peminat. Namun kalau hadiahnya mobil atau rumah, meski mahal dan jauh –bahkan sampai menyeberang propinsi, tetap akan didatangi juga.

Peringatan dari Kemensos
Peringatan dari Kemensos

Rupanya kegemaran masyarakat Indonesia ini dilihat secara jitu oleh banyak bank (besar) di Indonesia. Mereka menyelenggarakan berbagai undian berhadiah dengan hadiah yang hampir tidak mungkin dibeli oleh kebanyakan nasabahnya. Lihat saja ada uang milyaran, mobil mewah atau setidaknya mobil kelas atas, rumah besar, dan jumlahnya pun tidak hanya 1 atau 5 mobil, bahkan sampai puluhan mobil dan ratusan sepeda motor. Belum lagi pengumumannya dilakukan dengan menyewa slot premium di televisi terkenal, dengan pembawa dan pengisi acara bintang-bintang terkenal pula.

Untuk mengikuti undian berhadiah, bank memasang iklan satu halaman penuh, berwarna pula, di harian-harian terkenal. Televisi juga mendapat jatah iklan ini. Sayangnya, iklan-iklan itu hanya memuat petunjuk semu karena tidak jelas apa maksudnya. Misalnya saja: ayo segera tabungan di bank kami, atau, tingkatkan terus saldo tabungan Anda. Ada juga yang: lakukan terus transaksi e-banking agar Anda semakin mudah memenangkan hadiah. Tapi, coba lihat, bagaimana seorang nasabah akan diikutkan undian, atau bagaimana proses pengundiannya, tidak banyak bank yang mengumumkannya. Misalnya seorang nasabah membuka tabungan sebesar Rp500.000, apakah dia akan mendapat poin undian? Sepertinya tidak, karena kebanyakan bank akan mengikutkan undian kalau nasabah membuka tabungan minimal Rp1 juta.

Lalu bagaimana kalau Anda menyisihkan Rp250.000 per bulan dari gaji Anda untuk ditabung. Akankah Anda mendapat poin undian? Tidak jelas. Anda baru saja menjual salah satu motor Anda seharga Rp10 juta lalu membuka tabungan di sebuah bank ternama. Lalu, bolehkah Anda bermimpi untuk memenangkan hadiah utama sebuah mobil mewah dan Anda mulai sering membersihkan sejengkal halaman rumah karena akan dipakai parkir mobil itu? Sepertiny Anda keliru, karena yang diikutkan dalam undian mobil mewah, tidak jelas apakah semua nasabah, atau nasabah tertentu saja. Dari salah satu situs bank yang saya buka, Anda hanya akan diikutkan dalam poin undian mobil mewah kalau saldo minimal Anda Rp500 juta rupiah! Setiap tambahan Rp50 juta, Anda akan mendapat 1 poin undian.

Tentu tidak banyak di antara Anda yang beruntung memiliki saldo tabungan hingga 9 apalagi 10 digit. Anda beruntung kalau nama Anda dipinjam oleh kantor atau perusahaan untuk menyimpan dananya yang ratusan juta atau milyaran rupiah. Tapi kalau Anda menang undian pun, besar kemungkinan hadiah mobil akan disita si boss dan Anda akan diberi ‘ganti rugi’ sebuah ponsel BlackBerry seri terendah.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk ikut undian berhadiah yang diselenggarakan oleh bank (atau perusahaan lainnya), usahakan mengetahui dulu secara rinci bagaimana aturan mainnya. Sayangnya tidak banyak bank yang merinci tata cara pengundiannya. Situs http://www.bri.co.id cukup rinci menjelaskan undian, meskipun masih kurang lengkap. Situs lain lebih banyak memberi iming-iming. Siapa yang pernah memenangkan undian juga tidak diceritakan profilnya. Mestinya mereka bisa memberi testimoni. Ini merupakan satu hal yang mutlak diperlukan di dunia maya sekarang ini.

Nah, jadi, apakah Anda masih perlu bersih-bersih halaman rumah Anda yang sempit itu sambil membayangkan akan memarkir mobil mewah di situ? Oh, kalau bersih-bersihnya sebaiknya tetap jalan terus, karena kebersihan adalah bagian dari iman. Tetapi mimpi untuk memenangkan mobil mewah segera dibuang jauh-jauh. Terimalah kenyataan bahwa Anda tetap harus ke kantor naik motor butut Anda dengan memakai jas hujan yang sudah sobek di ujungnya ketika hujan turun. (Artikel ini sudah dimuat di harian KR, Yogyakarta, sekitar pertengahan tahun 2012. Maaf lupa mencatat tanggal muatnya).

2 thoughts on “Undian Berhadiah Milyaran dari Bank

  1. Bapak Pimpinan Telkomsel Yang Terhormat.
    Kami beritahukan bahwa Blogs ini sering di tumpangi “ORANG” yang tidak bertanggung jawab dan berusaha meendapatkan hasil.
    Dengan cara mengirim sms kepada Pelanggan Telkomsel NO tertentu dan ggampang percaya kalau NO yg dimilikinya mendapat hadiah.
    Dan mereka memberikan Pin tertentu yang dikirim dg sms ke NO TSel dan NO Pin tersebut ikut diumumkan dalam Blogs ini ( TELKOMSEL ).

    1. Anda bisa tunjukkan postingan yang mana? Kalau ada postingan yang ditumpangi (seperti yang Anda maksud), akan langsung saya hapus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s