About

Read my curriculum vitae here. You can discuss many things with me here (thanks to Dr. Gunawan, MPd from UNY for his kindness to let me join this valueless facility).

WingI am from Yogyakarta, a small, nice town in Indonesia. I am a lecturer at YKPN School of Business (STIE YKPN) Yogyakarta. I mainly teach subjects related to accounting and information systems, such as Accounting Information Systems, Management Information Systems, and Introduction to Computers. In some semesters I also teach Elementary Accounting and Cost Accounting.

I am also interested in Statistics, though.I have published many books, related to accounting and information systems. My latest books are: AIS (2nd ed.), MIS (2nd ed.), Encyclopedia of Statistics (in English), and EViews: Statistics and Econometrics. My 42nd book (will be available in April 2008) is: Philately, collecting postal matters (written in Indonesian language).

I published this blog to share ideas how to make our society better. I am sad that my country does not have competitive advantage. I want to ask anybody who is interested in making Indonesia better, to give hand, at least through this blog. I believe we can make big things together.When I was in SMAWhen I was in SMA Now When I was in high schoolI am sorry to switch to Indonesian language.

Selain yang telah saya uraikan di atas, blog ini selain menjadi dokumentasi pribadi, juga sekadar menjadi acuan buat anak dan keponakan-keponakan saya, yang mungkin ingin mencontoh cara melakukan kegiatan atau aktivitas atau berkarya demi kepuasan diri, dan demi nusa dan bangsanya.

Saya yakin dalam usia mereka yang masih remaja, anak saya dan keponakan-keponakan saya membutuhkan tokoh atau idola. Idola tersebut tidak harus orang yang hebat dan terkenal, namun sesuai dengan minat, hasrat, dan imajinasi mereka. Saya menawarkan diri untuk menjadi “panutan”, paling tidak bagi anak dan keponakan-keponakan saya. Kalaupun ada anak, remaja, atau orang lain yang ingin mengikuti aktivitas saya, minimal dalam membuat situs blog, saya pasti tidak berkebaratan. Situs blog lain yang juga saya kelola:

Filsafat Hidup

Saya menerima pertanyaan dari beberapa mahasiswa saya: Apa rahasia sukses Bapak? Mereka melihat saya telah menulis banyak buku, mengikuti beberapa organisasi, mengajar di beberapa perguruan tinggi (selain STIE YKPN, saya juga mengajar di AA YKPN, UII, dan UGM). Saya juga banyak menulis di surat kabar. Itu mungkin yang mereka tanyakan. Sebenarnya, saya sendiri tidak merasa sukses, atau cita-cita saya telah tercapai.

Saya hanya memiliki banyak keinginan, mulai dari yang sederhana (bisa saya wujudkan dalam 1-2 hari), hingga yang terlalu muluk-muluk (yang saya sendiri tidak tahu apakah bisa mewujudkannya atau tidak). Dari berbagai keinginan tersebut, ada yang benar-benar saya usahakan untuk segera terwujud, namun ada juga yang harus saya tunggu dan mungkin saya biarkan. Keinginan saya yang sederhana di antaranya adalah menulis berbagai buku, terutama di bidang teknologi informasi dan akuntansi, meskipun ada juga tentang hal lain, misalnya sepeda dan filateli.

Nah menulis buku memang butuh tenaga yang luar biasa menurut saya, karena seringkali melelahkan, dan muncul rasa bosan. Belum lagi, hasil yang diperoleh, terutama uang, masih akan datang beberapa tahun ke depan. Seandainya saja tidak didasari rasa suka menulis dan ingin menebarkan sedikit pengetahuan, niscaya kita akan mudah berhenti di tengah jalan.

Ketika saya menulis suatu buku, biasanya saya akan benar-benar mengeluarkan semua tenaga dan semangat saya. Saya akan mengurangi jam tidur. Siang malam, saya akan berada di dekat notebook. Di meja makan, di meja kerja, menunggu anak latihan renang, kadang-kadang menjemput anak pulang sekolah, selalu saya isi dengan mengetik. Kalau ngantuk, saya biasanya tidur antara 10 menit sampai 1 jam. Dalam sehari, rata-rata cuma butuh tidur tidak lebih dari 3 jam.Waktu paling produktif bagi saya biasanya adalah selama bulan puasa. Habis buka dan tarawih, sambil menunggu sahur, adalah masa paling enak buat menulis. Tidak pakai tidur. Setelah sahur, nulis lagi, terus sampai berangkat ke kantor atau ke kampus.

Selama saya kuliah, karena tidak harus ke kantor, ya sepanjang hari diteruskan menulis. Kalau harus menjemput anak pulang sekolah, atau menungguin latihan renang, notebook tetap saya bawa, entah menulis di mobil, atau di pinggir kolam renang. Kalau saya merasa ngantuk, saya tidur dalam posisi duduk di kursi, biasanya cukup selama 5-10 menit, sudah segar lagi, menulis lagi.Dengan cara begitu, biasanya selama bulan puasa, atau selama liburan lebaran, saya bisa menyelesaikan satu buku. Hampir tiap tahun selalu begitu. Termasuk tahun 2007 dan 2008 ini ;-).

Nah, kalau Anda ingin menulis buku, boleh lah berbincang-bincang dengan saya, untuk menambah semangat.Jadi, kalau boleh disimpulkan, filsafat hidup saya sederhana ya. Kalau bisa diselesaikan hari ini, jangan tunggu besok. Selain itu, tulislah pengalaman atau pengetahuan Anda, sekecil apapun, agar berguna bagi orang lain. Ini seperti tuntunan Nabu Muhammad s.a.w., “sampaikanlah (kepada orang lain), meskipun hanya satu ayat.”

123 thoughts on “About

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s