Artikel

Berikut ini adalah beberapa artikel saya yang dimuat di Harian Kedaulatan Rakyat (KR) yang terbit di Yogyakarta, atau nama saya dikutip oleh mereka. Untuk membaca masing-masing artikel, Anda tinggal mengklik pada tautan (link) di masing-masing berita, yang ditunjukkan dengan kata-kata bergaris bawah. Rubrik Teknologi Informasi terbit tiap hari Kamis. Sayangnya, di situsnya, KR tidak pernah menampilkan gambar yang melengkapi artikel, sehingga artikelnya menjadi kurang menarik.

Untuk mencari artikel di KR, masuk dulu ke situs KR (www.kr.co.id), lalu tuliskan kata kunci yang Anda inginkan (misalnya: Indonesia Raya, atau Wing Wahyu Winarno) disusul dengan mengklik tombol Cari. Bisa juga dengan memilih tanggal tertentu, lalu klik Cari. Anda dapat mengklik salah satu berita yang Anda inginkan.

Tentang Wing (1 dari 3) Tentang Wing (2 dari 3) Tentang Wing (3 dari 3)

Terima Kasih Playboy Kecil itu Perkasa

KR Diskusi Ekonomi KR Diskusi Ekonomi 

  1. Tulisan saya yang dimuat di Harian Kedaulatan Rakyat
    1. KR edisi Kamis, 25 Oktober 2007, tentang komputer untuk mobil, yang disebut dengan Auto PC, dan bisa menggantikan head unit, tetapi dengan kemampuan lebih.
    2. KR edisi Kamis, 30 Agustus 2007, membahas tentang podcast, kegiatan untuk berbagi file suara/musik digital di Internet.
    3. KR edisi Kamis, 23 Agustus 2007, membahas tentang aplikasi spreadsheet dan wordprocessor di Internet, sehingga tidak perlu diinstal di komputer.
    4. KR edisi Kamis, 16 Agustus 2007, membahas tentang situs blog, manfaatnya, dan alasan mengapa Anda sebaiknya segera memiliki situs pribadi ini.
    5. KR edisi Kamis, 5 Juli 2007, membahas tentang situs Youtube yang menyediakan berbagai video klip. Juga dibahas cara mendownload dan memutar video klip yang diambil dari situs tersebut.
    6. KR edisi Kamis, 9 Agustus 2007, di rubrik Teknologi Informasi, membahas secara rinci langkah-langkah mendownload dan memutar file video dari situs www.youtube.com. Hanya sayangnya, tim redaksi KR tidak memasukkan linknya ke situs KR.
    7. Siapa bilang Candi Borobudur temasuk ke dalam salah satu dari 7 Keajaiban Dunia? Dari dulu, Candi Borobudur tidak termasuk, demikian juga ketika ditetapkan 7 Keajaiban Dunia yang baru di Lisabon, Portugal, 7-7-2007 yang lalu. Selengkapnya baca di sini.
    8. Anda sudah tahu mengenai CD terbaru yang memiliki kapasitas simpan antara 25 s.d. 50 GB per disk? Sudah saya uraikan panjang lebar di KR edisi Kamis, 19 April 2007 kok. 
    9. Dalam dunia TI, belum tentu yang bentuknya gede lebih canggih daripada yang kecil. Lihat di KR edisi Kamis, 24 Mei 2007.
    10. Kalau Anda ingin tahu pendapat saya mengenai pemanfaatan teknologi 3G terutama untuk meningkatkan daya saing, silakan baca artikel di KR edisi Minggu, 25 Maret 2007 dan ada juga di KR edisi Senin, 29 Januari 2007
    11. Apakah TI hanya untuk orang TI saja? Tidak juga, karena TI harus dapat dinikmati oleh orang banyak, termasuk orang yang tidak tahu-menahu tentang TI. Baca saja di KR edisi Kamis, 28 Desember 2006.
    12. Wikipedia adalah situs yang menyediakan layanan ensiklopedia secara gratis, tidak hanya dalam bahasa Inggris, tetapi juga dalam bahasa Indonesia, Banyumas, Bugis, Jawa, Sunda, dan sebagainya. Artikelnya dimuat di KR edisi Kamis 7 September 2006.
  2. Berita/artikel di Harian Kedaulatan Rakyat yang menyangkut saya
    1. Mengenai Rancangan Undang-Undang Administrasi Publik yang sedang dibahas di DPR, ada komentar saya di KR, Kamis, 25 Oktober 2007. Baca di sini.
    2. Apakah bentuk komputer harus selalu kotak yang membosankan itu? Coba aja baca KR edisi Kamis, 10 Mei 2007. Baca di sini
    3. KR edisi Senin, 6 Agustus 2007 menanggapi berita tentang “penemuan” file lagu Indonesia Raya 3 stanza oleh Pak Roy Suryo. Baca di sini.
    4. KR edisi Selasa, 7 Agustus 2007 halaman 1, masih mengenai lagu Indonesia Raya di Youtube, karena beberapa pembaca masih meminta KR untuk mengklarifikasi berita tentang file Indonesia Raya. Baca di sini.
    5. Apa tanggapan saya terhadap rencana pemerintah untuk membangun PLTN dan menerapkannya pada tahun 2016 nanti? Ada di KR edisi Sabtu, 28 uli 2007. Baca di sini.
    6. Apakah kepemilikan asing terhadap perusahaan-perusahaan di Indonesia yang go-public menyebabkan hilangnya rasa nasionalisme? Contoh pembahasan tentang Semen Gresik oleh wartawan KR Ronny S. Viko dapat Anda baca di KR edisi Sabtu, 7 Juli 2007. Baca di sini.
    7. Apa pendapat saya tentang kemampuan bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang besar? Anda bisa membacanya pada ulasan mengenai diri saya yang dimuat oleh KR edisi hari Minggu, 27 Mei 2007. Baca di sini.
    8. Kadang-kadang, oleh teman-teman, saya diundang untuk ikut berdiskusi mengenai pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, misalnya pengembangan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai Cyber Province, beritanya di KR edisi Rabu, 9 Mei 2007. Baca di sini
    9. Sesekali saya juga masuk berita di bidang otomotif lho. Lihat saja di KR edisi Rabu, 10 Januari 2007 tentang BMW Club. Baca di sini.

Naskah lain masih banyak sih, silakan cari sendiri ya, dengan cara seperti yang saya uraikan di bagian atas halaman ini.

26 thoughts on “Artikel

  1. saya ikuti langkah-langkat pemasangan hotspot di rumah edisi KR tanggal 3 agustus 2009, tapi kok belum berhasil. padahal sudah saya ikuti langkah-langkahnya. tapi setelah langkah 10 pemasukan password dan di save, continew selalu gagal, gimana?

    1. Speedynya kan Connection Typenya PPPOE, sedangkan Linksysnya DHCP apa gak problem… mas?

      1. Mas Mujono, saya sudah pasang di rumah saya kok. Selama ini lancar2 saja. Coba juga deh search topik tersebut di Google, siapa tahu ada petunjuk lain yang lebih simpel…

  2. Yudhie (pakai e), soal otomotif nih. Saya juga tidak tahu di mana temen2 Yamaha Mio ngumpul. Saya coba cari informasi juga ya.

    Mengenai peraturan lalu lintas, sebenarnya sudah lengkap kok. Cuma penegakan hukumnya saja yang masih memrihatinkan (hayo, pak pulisi sama pak hakim setuju gak?). Saya paling jengkel kalau lagi belok kiri, lalu disalip dari kiri, dan orang yang nyalip agak kepepet, lalu…malah marah2. Dia yang salah, dia yang marah…!!! Kalau orangnya kecil sih tak ajak berkelahi (hehehe… ngibul nih gue). Tanda S di larang parkir, dipakai mangkal bis, truk, becak… lha mending mbok tandanya dicabut saja, kan tidak ada yang melanggar? Udah lah, susah ngurusi lalu lintas. Padahal, ciri kemajuan suatu bangsa bisa dilihat dari tata krama berlalu lintasnya…

  3. Yudhi, saya belum jelas dgn masalah Anda. Saya tebak dulu ya. Anda punya mesin cetak Konica, belum maksimal penggunaannya. Maksudnya, order yang diterima tidak banyak sehingga mesin masih sering menganggur? Kalau ya, yah, pinter2lah cari order. Ini hampir pemilu, banyak caleg yg ingin promosi, termasuk melalui cetakan. Nah, hubungi mereka.

    Saingan dengan mesin digital: Nah, Konica Anda bisa disambungkan ke komputer tidak? Kalau tidak, ya kerjakan yang bisa dikerjakan saja. Kalau bisa dihubungkan ke komputer tetapi Anda belum bisa, coba hubungi agen Konica-nya. Atau, coba cari di Google. Oke?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s