Gadget

Saya hobi mengoleksi gadget, meskipun tidak harus mahal. Beberapa jenis ponsel saya koleksi, terutama yang murah-murah dan lama-lama (kalau yang baru sudah tidak terjangkau anggaran saya sihūüėõ ya kan?). Beberapa koleksi gadget saya, saya tampilkan di halaman ini (kayaknya ya inilah harta-harta saya yang paling berharga).

Ponsel

Saya memakai dua ponsel utama, yaitu Nokia E61 dan Nokia 9500. Nokia E61 saya sukai karena layarnya yang lebar dan kemampuannya sudah 3G. Bahkan ada menu untuk setting¬†Internet Telephone, yang menurut Mas Onno W. Purbo, merupakan cikal bakalnya teknologi 4G. Teknologi ini¬†memanfaatkan saluran SIP (Session Initiation Protocol) untuk melakukan komunikasi dengan media lain, baik notebook, PDA, maupun ponsel, asal memiliki fasilitas wi-fi. Tanpa kartu GSM, perangkat-perangkat ini dapat dipakai untuk berkomunikasi layaknya ponsel “jaman sekarang”. Dalam tahun 2008, kemampuan ponsel akan luar biasa bila dibandingkan teknologi ponsel saat ini.

Selain itu, karena bentuknya candybar, sehingga tidak ada buka-tutup ataupun sliding, maka saya berharap ponsel ini tidak mudah rusak. Lain dengan N-9500 yang selalu saya buka tutup, akhirnya saya sudah tiga kali ganti kabel fleksibel-nya. Akhirnya saya agak khawatir juga, bahwa ponsel ini tidak akan bertahan lama (kalau saya pakai ekstensif). Kedua ponsel ini saya isi dengan nomor cantik, satunya memakai nama saya (MRWING) dan satunya tanggal-bulan-tahun kelahiran saya.

Nokia E61 Nokia 9500 Sony Ericsson T68i Siemens S4

Ponsel lain yang saya pakai adalah Sony Ericsson T68i dan Siemens S4. T68i saya sukai karena dapat dihubungkan dengan palmtop Clie saya untuk berkomunikasi, baik SMS, e-mail, maupun Internet. S4 merupakan kenang-kenangan, karena merupakan ponsel pertama kali yang saya miliki (sejak tahun 1994). Sebenarnya saya juga punya Nokia 2110 (saya bawa dari Amerika), tetapi hilang di tempat servis (waktu itu baterainya drop). Selain itu, masih ada beberapa ponsel kelas “pemula”, baik GSM maupun CDMA. Sudah barang tentu semua ponsel tersebut memiliki nomor yang aktif (sehingga sering ditegur istri, karena harus membayar biaya pulsa tiap bulan, tetapi tidak semua ponsel dipakai aktif).

PDA

Saya juga memakai PDA atau palmtop. Saat ini yang aktif saya pakai adalah Sony Clie PEG-UX50/G. Keunggulan PDA ini adalah menggunakan sistem operasi Palm OS, dan program Endnote (www.endnote.com) dapat dijalankan di PDA ini, kemudian bisa disinkronisasi dengan program Endnote versi notebook. Program Endnote merupakan program untuk mengelola data makalah dan dapat juga digunakan untuk mempermudah penulisan makalah dengan program pengolah kata seperti MS Word. Selain itu, saya juga memakai Sony Clie PEG-NZ90/E (terima kasih kepada Pak Djoko Susanto atas hibah iniūüėČ pasti akan saya rawat Pak). Keunggulan palmtop ini adalah memiliki kamera 2MB CCD, sehingga dapat berfungsi sebagai kamera foto dan kamera video. Palmtop kedua ini cuma saya pakai untuk melihat gambar dan klip videoūüôā

PDA yang cukup kecil juga saya miliki adalah Franklin Rex 5000, yang merupakan organizer seukuran kartu PCMCIA. Untuk mengisi dan mengelola data di dalamnya, Rex 5000 cukup dimasukkan di slot PCMCIA (yang ada di notebook).

Clie PEG-NZ90/E Clie PEG UX50/G Rex 5000

Kamera Digital

Untuk kamera, saya mengandalkan pada Casio Exilim S770. Kamera ini selain sudah berkemampuan 7MP, merupakan kamera yang sangat tipis, serta memiliki pengaturan gambar yang luar biasa. Sebenarnya saya suka memotret, tetapi hasil jepretan saya tidak pernah bagus, jadi ya tidak merasa perlu mengandalkan kamera SLR (ada sih, Canon EOS). Akhirnya objek yang saya foto sekadar memenuhi kebutuhan dokumentasi saja.

Kamera superkecil Casio Exilim S770

Selain Casio S770, saya juga memiliki kamera digital sangat mungil (dengan kemampuan biasa-biasa saja sih). Kamera tersebut selain memerlukan baterai kecil AAA, juga dapat dikoneksi ke komputer (ini yang penting). Alasan membeli sih hanya penasaran saja ada kamera kok kecil sekali (saya beli sekitar tahun 1998).

Jam Tangan

Saya menyukai jam tangan yang memiliki kemampuan untuk menyimpan data dan/atau menampilkan informasi tambahan selain penunjuk waktu. Di antara berbagai jam tangan saya, yang cukup sering saya pakai, terutama dalam suasana casual atau outdoor, (hanya) ada dua, yaitu jam merek Matsucom Wrist PDA (lihat di www.engadget.com) dan Suunto Observer (lihat di http://www.usoutdoorstore.com/outlet/suunto-observer-ltt-watch.html).

Matsucom saya sukai karena merupakan PDA yang diwujudkan dalam bentuk jam tangan. Saya sudah menginstal beberapa aplikasi di sana, dan bila Anda tampilkan menu, maka akan muncul nama saya di layar jam tersebut. Sedangkan Suunto Observer saya sukai karena memiliki fasilitas pemandu di alam terbuka, misalnya ada pengukur suhu, pengukur kelembaban dan tekanan udara (sehingga dapat dipakai untuk memprediksi cuaca), penunjuk arah (kompas) digital, penunjuk ketinggian (altimeter), selain fungsi-fungsi dasar sebuah jam digital.

Matsucom Wrist PDA Suunto Observer

53 thoughts on “Gadget

    1. Salam kenal kembali Pakūüôā Sayangnya, gadget Palm saya sudah tidak awet lagi baterainya, cuma bisa bertahan 5-10 menitūüė¶ jadi ya tinggal jadi barang simpanan saja nih…

  1. selamat malam pak wing..
    itu ponsel yg siemens S4 nya masih berfungsi normal pak?
    saya jg pake siemens S4, tp sayang ga bs ngirim sms, apa karna configurasinya ya pak?
    soalnya protocol ID dan service centernya ga saya isi…

    salam…

    1. Masih normalūüôā Kalau ponsel sekarang sih memang sudah bisa mengisi setting sendiri (melalui OTA). Tapi karena Siemens S4 masih tergolong ponsel kuno, maka service centre harus diisi dan tiap operator beda-beda nomernya…

      1. ohh…
        service centre disitu maksudnya message centre number bkn sih pak?
        saya pernah nyoba ngisi service centrenya dengan message centre number kartu yg saya pake, tp tetep ga bs.
        kalau protocol ID itu apa ya pak?
        maaf banyak tanya..
        hehe..

  2. hallo pak wing… saya alumnus ’98, situs bpk keren abis tapi… belinya lain kale aja ya????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s