AndroMoney Mengelola Keuangan Pribadi

Aplikasi AndroMoney sangat mudah dipakai untuk mencatat pengelolaan keuangan pribadi. Semua pendapatan dan pengeluaran dapat dicatat melalui tampilan yang menarik. Juga ada menu anggaran, yang secara otomatis akan selalu dibandingkan dengan realisasi transaksi keuangan Anda.

wp-1490129402356.png
AndroMoney aplikasi gratis keuangan pribadi

Transaksi penerimaan dan pengeluaran dapat dirinci sesuai dengan akun yang Anda buat. Pertama, Anda perlu membuat rekening yang digunakan untuk keluar-masuknya uang Anda. Bisa bank, kas, bahkan PayPal dan kartu kredit. Kedua, siapkan rekening pihak yang memberi uang kepada Anda (misal: kantor, klien, dan penerbit). Juga pihak yang menerima pembayaran Anda (misal bank, PLN, sekolah anak, dan operator seluler).

Ketiga, Anda perlu membuat anggaran penerimaan dan pengeluaran untuk maisng-masing rekening atau pos anggaran. Kalau belum tahu berapa, isikan saja perkiraan Anda, toh nanti bisa disesuaikan dengan realisasi transaksi.

wp-1490130370575.png
Contoh tampilan anggaran vs realisasi

Keempat, catatlah setiap transaksi, baik penerimaan maupun pengeluaran. Sebisa mungkin, jangan menunda catatan, karena mudah terlupakan. Selain mencatat data transaksi, Anda juga dapat melengkapinya dengan foto dokumen transaksi.

wp-1490130263554.png
Contoh daftar transaksi

Kelima, Anda dapat melihat laporan kegiatan keuangan Anda, setiap saat. Anda dapat melihat di bagian mana pengeluaran Anda sangat banyak atau melebihi anggaran. Dengan demikian, Anda dapat lebih berhati-hati mengelola uang Anda.

Sebelum menggunakan AndroMoney, saya sudah menggunakan Money Lover, Monefy, dan Daily Expenses. Sebenarnya, saya juga masih memakai ketiganya.

Advertisements

One thought on “AndroMoney Mengelola Keuangan Pribadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s